Rencana Maret 2024, Pemkot Bandar Lampung Bakal Bangun Perpustakaan Modern, Ini Anggaran hingga Fasilitasnya

Rencana Maret 2024, Pemkot Bandar Lampung Bakal Bangun Perpustakaan Modern, Ini Anggaran hingga Fasilitasnya

Pemkot Bandar Lampung.--

RADAR LAMPUNG.CO.ID -  Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung bakal bangun perpustakaan kota modern kota Bandar Lampung pada Maret 2024.

Pembangunan perpustakaan  modern kota Bandar Lampung menggunakan anggaran pemerintahan pusat.

"Saat ini sedang proses lelang, kalau lelang itu mungkin memakan waktu sekitar satu bulan. Setelah lelang kita langsung bangun.Mungkin sekitar Maret atau Awal April ya kita mulai bangun,"kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bandar Lampung, Hidayat Ismet.

BACA JUGA:Wisata Taman Jepang Chan Chan Dijamin Seru untuk Para Wibu, Hanya 12 Menit dari Pusat Kota Bandar Lampung

Lebih rinci, Hidayat Ismet, menyampaikan, anggaran pembangunan perpustakaan Modern Bandar Lampung dari bantuan pemerintah pusat melalui program peningkatan literasi di daerah pemerintah pusat sebesar Rp.10 Miliar.

"Anggaran pembangunan sekitar Rp.10 miliar. Anggaran ini berasal dari Dana bantuan pemerintah pusat. Jadi kita hanya menyediakan lahannya saja yang bertempat di Jalan Pramuka," jelas Hidayat Ismet.

Kendati demikian, Hidayat Ismet juga mengatakan, menunggu perpustakaan modern kota di bangun, masyarakat masih bisa mengunjungi perpustakaan lama di Jalan Prof.M.Yamin setiap Senin sampai Jumat pukul 09.00 wib sampai 15.30 wib.

Untuk konsep perpustakaan modern, Hidayat Ismet, menyampaikan bahwa setiap awal gedung perpustakaan modern Bandar Lampung rencana dibangun setinggi 5 lantai dengan fungsi sebagai kantor pelayanan literasi bagi masyarakat Bandar Lampung.

BACA JUGA:5 Kesalahan Konten Kreator Facebook Pro yang Harus Dihindari

"Mengikuti arahan perpustakaan nasional, nanti agak hanya ada buku-buku fisik saja tapi juga ada bacaan digital yang bisa diakses masyarakat. Pokoknya konsepnya perpustakaan modern," ucap Hidayat Ismet.

Selain itu, Hidayat Ismet menambahkan, ada beberapa fasilitas lain seperti ruang baca khusus anak anak, siswa sekolah, toilet, mushola hingga rooftop.

Bahkan, koleksi buku juga akan ditambahkan untuk perpustakaan baru.

Hidayat Ismet pun mempertimbangkan usulan Pemkot untuk penambahan fasilitas lainnya seperti Kafe. Usulan tersebut dimaksudkan agar masyarakat merasa nyaman dan meningkatkan minat baca atau literasi masyarakat.

BACA JUGA:Daftar Pilihan Vespa Matic 2024 Harga Murah Dengan Fitur Unggulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: