Peringatan Hari Kanker Sedunia, RSUDAM Berbagai Informasi dan Tingkatkan Kesadaran

Peringatan Hari Kanker Sedunia, RSUDAM Berbagai Informasi dan Tingkatkan Kesadaran

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUDAM, dr. Marzuqi Sayuti, Sp.OG (K) saat memberikan sambutan.---Sumber foto: Humas RSUDAM.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung bersama APPGINDO DPD Lampung peringati Hari Kanker Sedunia.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis 15 Februari 2024 di gedung rawat inap Alamanda RSUADM dengan menggelar kegiatan membagikan bingkisan kepada anak-anak yang sedang menjalani perawatan kanker.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUDAM dr. Marzuqi Sayuti, Sp.OG (K), mewakili Direktur menyampaikan bahwa angka penderita kanker terus meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data STATISTIK, prevalensi tumor/kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1,4 per 1000 penduduk menjadi 1,79 per 1000 penduduk. 

BACA JUGA:Pengunjung Dapat Manfaatkan Taman Healing RSUDAM Untuk Bersantai

"Bahkan, dalam kategori ASEAN, Indonesia menempati peringkat ke-8 dalam kasus kanker," ungkap dr. Marzuqi Sayuti, Sp.OG (K), di Gedung Rawat Anak Alamanda, Kamis 15 Februari 2024.

Kata dr. Marzuqi Sayuti, Sp.OG (K), ada beberapa faktor yang membuat meningkatnya kasus kangker saat ini.

Faktor tersebut seperti pola hidup yang kurang sehat, rokok, dan konsumsi makanan cepat saji dapat berkontribusi.

Untuk itu menurut dr. Marzuqi Sayuti, Sp.OG (K), tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran dan berbagi informasi.

BACA JUGA:Yuk Kenalan Dengan Instalasi Eksekutif RSUDAM

"Juga untuk menghilangkan prasangka mitos seputar kanker, sehingga dapat mencegah jutaan kematian akibat penyakit ini," ungkapnya.

Sehingga dengan memperingati hari kanker sedunia ini dr. Marzuqi Sayuti, Sp.OG (K), berharap dapat memberi semangat pada pasien kanker untuk terus hidup sehat.

Selain itu, dr. Marzuqi Sayuti, Sp.OG (K), menekankan pentingnya perhatian terhadap pola makan anak selama 1000 hari pertama kehidupan, yang merupakan periode emas dalam perkembangan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: