Klaster Usaha Binaan BRI Sukses Manfaatkan Hama Eceng Gondok Jadi Anyaman Bernilai Tinggi

Klaster Usaha Binaan BRI Sukses Manfaatkan Hama Eceng Gondok Jadi Anyaman Bernilai Tinggi

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Setiap perjuangan perlu diapresiasi, tak terkecuali dalam membuat masyarakat sekitar hidup berdikari.

Hal itulah yang terjadi pada Elsa Padidi. Wanita ini sukses mengembangkan usaha kriya bersama masyarakat di sekitar lokasi tinggalnya di Jalan Poros Telkomas Lr. 1 RT.005/RW.004, Kecamatan Biringkanaya Makassar, Sulawesi Selatan. 

Buah dari kegigihannya dalam berbisnis, Elsa tak hanya mampu menjadi sosok perempuan yang tangguh, namun juga menggerakkan perempuan-perempuan di desanya berdikari lewat Klaster Usaha Rumah Anyamandiri.

“Nama Rumah Anyamandiri merepresentasikan para perajin anyaman yang diharapkan suatu saat dapat menjadi pengrajin yang berdikari," ujar Elsa.

BACA JUGA:Logistik Pemilu 148 Desa di Pesawaran Telah Kembali Ke Kecamatan, Pleno Pun Dimulai

"Logo berupa gambar bunga eceng gondok yang indah, keindahannya menginspirasi penganyam, agar dapat menghasilkan sesuatu yang indah dari tangkai eceng melalui kreasi tangan orang-orang kreatif,” sambung Elsa.

Diakuinya, Eceng gondok sangat berlimpah di Makassar, bahkan kerap menjadi hama. Ia lantas berpikir bagaimana caranya mengubah eceng gondok ini agar lebih bernilai sekaligus memberdayakan ibu rumah tangga di sekitar.

Di Rumah Anyamandiri tersebutlah, tumbuhan eceng gondok yang dianggap hama bisa menjadi suatu kerajinan yang bernilai dan dapat menunjang ekonomi rumah tangga.

Elsa menambahkan, dirinya bersama kelompoknya telah mengikuti pelatihan pemanfaatan bahan menjadi bernilai rupiah yang diadakan oleh PKK Kecamatan Biringkanaya Makassar.

BACA JUGA:Penyelenggara dan Petugas Pam Pemilu 2024 Kelelahan, Polres Lampura Beri Bantuan Kesehatan

Tak hanya itu, Elsa juga pernah mengikuti pelatihan kriya di Yogyakarta dan membagikan ilmunya ke tetangga dan ibu-ibu rumah tangga di Makassar. 

Berkembang Berkat Program Klasterkuhidupku BRI

Pada 2017 Elsa bersama masyarakat sekitar membentuk kelompok usaha kriya bernama Rumah Anyamandiri. Di tahun 2019, Klaster Usaha Rumah Anyamandiri turut bergabung dalam Program Klasterku Hidupku dari BRI.

Program itu menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Melalui berbagai kegiatan pendampingan yang tidak hanya berupa modal usaha, tetapi juga berbagai pelatihan dan pemberdayaan lainnya, Klaster Usaha Rumah Anyamandiri kini kian sukses mengembangkan produk usaha kriyanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: