Ada yang Belum Tahu? Ini Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya

Ada yang Belum Tahu? Ini Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya

Keutamaan puasa di bulan Ramadhan. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tinggal menghitung hari umat Islam di seluruh dunia akan kembali bertemu dengan Ramadhan yakni bulan yang mulia.

Dalam kajian Islam kali ini tentang keutamaan puasa Ramadhan dan dalil yang melandasinya, kedatangan bulan Ramadhan tentunya disambut penuh sukacita oleh setiap Muslimin wal Muslimah.

Bulan penuh berkah ini pun dikenal dengan banyaknya amalan baik yang dilipatgandakan seperti puasa Ramadhan.

Mengerjakan puasa di bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan baik yang bisa didapatkan oleh siapa saja yang mengerjakannya dan Ikhlas karena Allah.

BACA JUGA: Sebentar Lagi Bulan Ramadhan, Sudahkan Bayar Hutang Puasa?

Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa,”(QS Al-Baqarah:183).

Kemudian bagi siapa saja yang sedang sakit atau bepergian, sehingga membuatnya tidak memungkinkan untuk berpuasa di hari itu, maka dia boleh menggantinya di lain hari.

Lalu apabila orang tersebut berat menjalankan puasa untuk bayar hutang puasa tahun lalu misalnya disebabkan sakit berat, orang yang sangat tua, orang hamil atau ibu menyusui.

BACA JUGA: Cukup Modal Rp 8 Juta, Bisa Bawa Pulang Vespa S 125 I Get, Begini Cara Dapat Motor Keren lewat Kredit Syariah

Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan keringanan agar hamba-Nya dapat mengganti puasa dengan fidyah atau memberi makan kepada lebih dari seorang miskin untuk satu hari.

Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 184, yang artinya:

“…Maka barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari lain. Dan bagi yang berat menjalankannya wajib membayar fdyah, yaitu memberi makan orang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan Kebajikan, maka itu lebih baik baginya dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,”(QS Al-Baqarah:184).

Keutamaan puasa Ramadhan menjadi salah satu ibadah yang tidak ada tandingannya karena dinilai sebagai perisai atau pelindung di dunia dan diakhirat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: