Jelang Ramadhan, Pemkab dan Polres Tanggamus Sidak Kebutuhan Pokok

Jelang Ramadhan, Pemkab dan Polres Tanggamus Sidak Kebutuhan Pokok

Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan 1445 H, Kapolres Bersama Pemkab Tanggamus Tinjau Pasar Dan Pabrik Penggilingan Padi--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Untuk memastikan ketersediaan stok dan harga berbagai komoditi di pasaran, terutama menghadapi bulan Ramadhan 1445 H, Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser  bersama Pemkab mengecek ketersediaan beras dan harga bahan pokok di Pasar.

Selain pasar, turut ditinjau pabrik penggilingan padi Sumber Bandung Kecamatan Talang Padang dan Way Balak di Kecamatan Gunung Alip, terang seksi humas polres Tanggamus melalui keterangan tertulisnya.

Pengecekan ini dilakukan guna memastikan ketersediaan stok dan harga berbagai komoditi di pasaran, terutama menghadapi bulan Ramadhan 1445 H/2024 M.

Hasil pengecekan menunjukkan bahwa kebutuhan pokok masyarakat secara umum masih stabil, meskipun terdapat beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga, seperti beras, cabai besar merah, dan cabai keriting.

BACA JUGA:Masuk HP 2 Jutaan Rupiah, OnePlus Nord N30 SE 5G Bawa Performa Dimensity 6020 dan Kamera 50MP

Kenaikan harga beras premium menjadi Rp16.500 per kg dan beras kualitas biasa mencapai Rp15.000 per kg, dipicu oleh sulitnya bahan baku akibat dampak dari El Nino 2023 yang menyebabkan penundaan waktu tanam.

Meskipun demikian, stok pangan dan barang untuk kebutuhan pokok masih mencukupi dan aman untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa.

AKBP Rinaldo Aser menyatakan bahwa pihak terkait akan terus memantau situasi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran menjelang Ramadhan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga memberikan imbauan kepada para pedagang untuk tetap menjaga stabilitas harga dan tidak memanfaatkan situasi untuk mendapatkan keuntungan yang berlebihan jelang datangnya bulan puasa.

BACA JUGA:Hingga Tengah Malam, 76 Jiwa Harus Dievakuasi Tim SAR Akibat Banjir di Bandar Lampung dan Lampung Selatan

"Diharapkan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok dapat terjaga dengan baik demi kesejahteraan bersama," kata AKBP Rinaldo Aser usai kegiatan.

Sementara itu, menurut Faisal selaku Analis Kebijakan Bidang Ekobang Tanggamus mengatakan, harga beras premium mencapai Rp16.500 per kilo.  untuk beras dengan kualitas biasa berada di angka Rp15 ribu per kg.

Ia mengungkapkan, kenaikan harga beras ini juga merupakan salah satu dampak dari fenomena el nino beberapa waktu yang lalu.

"Kalau berdasarkan peninjauan tadi naiknya harga beras itu karena masih ada dampak el nino beberapa waktu lalu," kata Faisal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: