5 Orang Diamankan Polisi Pasca Pembakaran Kantor TNBBS Resort Suoh

5 Orang Diamankan Polisi Pasca Pembakaran Kantor TNBBS Resort Suoh

Aksi pembakaran kantor Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Resort Suoh Kabupaten Lampung Barat, oleh massa yang berasal dari Kecamatan Suoh dan BNS, Senin sore 11 Maret 2024 diduga karena massa geram dengan teror harimau sumatera yang tak kunjung--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sudah lima orang diamankan oleh Satuan Reserse dan Krimininal (Satreskrim) Polres Lampung Barat, yang diduga kuat sebagai pelaku dalam Insiden pembakaran kantor TNBBS Resort Suoh, Senin 11 Maret 2024 lalu.

Kasat Reskrim Polres Lampung Barat Iptu Juherdi Sumandi, SH., mendampingi Kapolres AKBP Ryky Widya Muharam, SIK., mengungkapkan,  kelima orang masyarakat Suoh dan BNS tersebut diamankan sementara di Mapolres setempat.

“Benar,  lima orang diamankan untuk dimintai keterangan dan dilakukan pemeriksaan. Mereka diduga ada kaitan dengan kejadian pengrusakan dan pembakaran kantor PPA TNBBS Suoh, untuk hasilnya nanti," ungkap Juherdi Sumandi.

Sebelumnya, Juherdi menyampaikan sebanyak  sembilan orang telah dilakukan pemeriksaan, terkait dengan insiden pembakaran kantor TNBBS Resort Suoh, yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab pada Senin  11 Maret 2024 lalu.

BACA JUGA:Selain Gorengan, Ini 4 Cemilan Buka Puasa Ramadhan yang Punya Cita Rasa Gurih dan Enak

Seperti diketahui, kasus pembakaran kantor TNBBS Resort Suoh bermula sata massa yang berasal dari dua kecamatan yakni Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) menggelar demo protes prihal kinerja dari tim yang telah melakukan upaya evakuasi terhadap harimau sumatera yang telah memakan korban jiwa tak kunjung membuahkan hasil.

Hingga pada akhirnya harimau kembali menerkam salah seorang warga yang disinyalir menjadi pemicu kemarahan warga dengan melampiaskan dengan melakukan pembakaran kantor dan fasilitas hingga sejumlah sepeda motor.

Menurut Juherdi, hingga Kamis  14 Maret 2024 pihaknya telah memeriksa sebanyak sembilan orang saksi. Mereka adalah orang-orang mengetahui terkait dengan kejadian tersebut dan juga  berada di lokasi.

”Ada sembilan orang yang kami lakukan pemeriksaan hingg hari ini, masih memungkinkan kami akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi lainnya,” ungkap Juherdi mewakili kapolres AKBP Ryky Widya Muharam, SIK.  

BACA JUGA:Tidak Perlu Kabur Jika Galbay Pinjol Syariah, Ini 4 Solusinya Agar Masalah Teratasi

Juherdi menyebut, masyarakat Suoh dan BNS  sejauh ini tidak pernah melakukan aksi-aksi anarkis terlebih melakukan pembakaran pada  fasilitas umum. Sehingga pihaknya tengah menyelidiki prihal adanya provokator dalam aksi pembakaran kantor TNBBS Resort Suoh tersebut.

 ”Selama ini tidak pernah ada kejadian-kejadian seperti ini, masyarakat Suoh dan BNS biasanya mengedepankan  musyawarah, karena itu kami  masih menyelidiki apakah dalam aksi pembakaran ini ada provokator, karena seperti kita lihat di video-video itu kebanayakan hanya jadi penonton, nah yang melakukan aksinya hanya beberapa orang saja, ini semua masih kami dalami termasuk pelaku dari pembakaran itu sendiri,” tegasnya.

Seperti diberitakan, kejadian itu bermula ketika seorang warga Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh, Samanan (41) diserang oleh harimau saat bekerja di kebun. Namun korban berhasil melarikan diri dan langsung dibawa ke Puskesmas Srrimulyo hingga akhirnya dirujuk ke RSUD Alimuddin Umar.

Atas kejadian berulang tersebut warga berdatangan ke Puskesmas Suoh dan selanjutnya mendatangi Kantor TNBBS Resort Suoh. Namun karena tidak mendapat tanggapan dari pihak TNBBS Resort Suoh warga melakukan pengerusakan dan pembakaran. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: