Gara-gara Akses Jalan, Penyaluran Beras CPP Terhambat

Gara-gara Akses Jalan, Penyaluran Beras CPP Terhambat

Akses Jalan Liwa-Krui Pengaruhi Penyaluran Beras CPP di Pesisir Barat--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk periode Maret tahun 2024 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) rencananya ditargetkan pada minggu ini kembali akan disalurkan oleh pihak PT.Pos Indonesia ke Kabupaten setempat.

Namun, pihak Pos juga tetap menunggu kondisi akses di ruas jalan Liwa-Krui yang hingga kini kondisi kerusakan sebagian ruas jalan dititik longsoran tersebut semakin menyulitkan pengendara yang melintas, terutama kendaraan angkutan jalan.

Sehingga, jika kondisi kerusakan jalan di titik longsor itu masih menjadi kendala bagi kendaraan angkutan yang melintas tentu pengangkutan untuk bantuan beras CPP di Kabupaten Pesbar ini akan tertunda.

“Kondisi ruas jalan Liwa-Krui yang rusak dititik longsoran itu jelas sangat mempengaruhi terhadap mobilitas kendaraan muatan barang, salah satunya muatan untuk kebutuhan pangan (beras) bantuan CPP tersebut,” Kabid Ketersediaan Pangan, Redi Destian, mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Pertanian (DKPP) Pesbar, Unzir, Minggu 17 Maret 2024.

BACA JUGA:Marak DBD, PJ Bupati Keluarkan Surat Edaran

Dijelaskannya, pada pekan ini, penyaluran beras CPP terkendala di titik longsor ruas jalan Liwa-Krui.

Akibatnya, kendaraan angkutan barang terutama angkutan bantuan sosial (bansos) kebutuhan bahan pangan seperti bantuan beras CPP untuk periode Maret 2024 itu tidak bisa melalui ruas jalan tersebut.

Sehingga, penyalurannya akan ditunda dan akan kembali dilaksanakan pada minggu depan.

"Dengan harapan agar penyaluran beras CPP untuk Maret 2024 atau satu bulan dengan jumlah 10 Kilogram (KPM) untuk setiap KPM tersebut bisa segera terealisasi penyalurannya," jelasnya.

BACA JUGA:Gajah Ngamuk, Petani Nyaris Tewas

Mengingat, kata dia, dengan adanya bantuan beras CPP tersebut, jelas sangat membantu masyarakat terutama masyarakat yang memang berhak menerima.

Karena itu, untuk jumlah penerima di seluruh Kabupaten Pesbar ini, sesuai dari Pemerintah Pusat melalui Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Hal tersebut sudah disampaikan ke masing-masing daerah, salah satunya di Kabupaten Pesbar.

Sedangkan, untuk di Kabupaten Pesbar, dalam penyaluran bansos beras CPP tersebut diperuntukan kepada 19.658 KPM yang akan disalurkan selama enam bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: