Pemprov Jamin Stok Telur dan Daging di Lampung Aman Sampai Lebaran

Pemprov Jamin Stok Telur dan Daging di Lampung Aman Sampai Lebaran

Telur memiliki beragam manfaat untuk kesehatan rambut termasuk mengatasi permasalahan rambut. -FOTO/PEXELS-COM-pexels

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Provinsi Lampung memastikan stok komoditas telur dan daging cukup sampai lebaran.

Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Lampung Lili Mawarti mengatakan, pihaknya rutin turun ke pasar untuk memastikan ketersediaan stok daging dan telur.

Tujuannya tidak lain untuk menjamin ketersediaan daging dan telur selama Ramadhan dan Lebaran mendatang agar tidak terjadi kelangkaan.

"Stok kita insyaAllah surplus hingga untuk Idul Fitri, baik daging sapi maupun ayam, juga telur," ujar Lili Mawarti, Rabu 20 Maret 2024.

BACA JUGA:Dana Kelolaan Reksadana Tumbuh 13%, BRI-MI Raih Top 5 Manajer Investasi di Tahun Pertama Gabung BRI Group

Selain kecukupan stok daging dan telur, Lili Mawarti juga menyebut pihaknya melakukan pengujian keamanan komoditas peternakan.

Pengujian komoditas peternakan ini dilakukan untuk menjamin kualitas produk agar memenuhi unsur aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH) hingga di tingkat konsumen. 

"Uji pangan ini untuk memastikan agar pangan peternakan yang dijual aman untuk dikonsumsi," ucapnya.

Diketahui, berdasarkan data prognosa neraca pangan, jumlah ketersediaan daging sapi pada periode Februari-April 2024 sebanyak 6.949,1 ton dengan proyeksi kebutuhan 6.428,4 ton sehingga surplus 520,68 ton.

BACA JUGA:Harga 4 Juta, Infinix Note 40 Pro Bawa RAM 12GB Hingga Helio G99 Ultimate, Worth It Gak? Cek Spesifikasinya

Lalu jumlah pasokan komoditas daging ayam ras pada periode yang sama sejumlah 28.689,4 ton dengan kebutuhan 20.849,2 ton tersedia surplus 7.849,13 ton.

Kemudian telur ayam mengalami surplus 36.440,63 ton dari proyeksi pasokan Februari-April 61.440,7 ton dengan kebutuhan 25.000,1 ton. 

Dalam memonitoring dan memastikan ketersediaan pasokan dan Kesetanan harga, Dinas Peternakan dan Keswan juga berkoordinasi dengan sejumlah asosiasi peternak dan KPPU.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: