BMKG Imbau Pemudik Aktif Pantau Informasi Cuaca Sebelum Mudik Lebaran 2024

BMKG Imbau Pemudik Aktif Pantau Informasi Cuaca Sebelum Mudik Lebaran 2024

Peringatan dini cuaca ekstrem selama mudik lebaran 2024. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk aktif memantau informasi cuaca terutama pada peringatan dini cuaca ekstrem.

Informasi cuaca harus tetap aktif dipantau oleh setiap pemudik, baik sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran 2024 maupun pada arus balik.

Melalui pernyataan resmi, Kepala BMKG Dwikorta Karnawati mengimbau pemudik untuk terus berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik maupun arus balik lebaran 2024 nanti.

Kepala BMKG dalam rakor bersama Kapolri, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Perhubungan, Menteri Perdagangan, Panglima TNI, Wakil Menteri Agama, dan sejumlag pemimpin Lembaga dan instansi terkait.

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2024, Pemudik Motor Via Pelabuhan Ciwandan Hanya Turun di Bakauheni Mulai 3 Sampai 9 April

Tak hanya pemudik, namun penyedia jasa transportasi dan operator transportasi pun harus mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem.

Himbauan ini berlaku selama arus mudik karena dinamika atmosfer di Indonesia sangat dinamis sehingga bisa tiba-tiba berubah.

Jika kondisi cuaca sedang dalam perkiraan yang buruk maka pemudik diharapkan untuk tidak memaksakan diri dan lebih baik ditunda sampai cuaca membaik.

Perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang surut air laut dan tsunami serta info dini gempa bumi juga harus dipantau terus.

BACA JUGA:3 Aplikasi Pinjol Syairah Dengan Proses Pencairan Tercepat Tanpa Suku Bunga

Pemudik bisa mendapatkan semua informasi yang berkaitan hal-hal tersebut melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS).

Kepala BMKG dalam keterangan resminya menerangkan kondisu cuaca secara umum selama pekan mudik dibagi dalam tiga fase periodic.

Dalam periode sepekan sebelum lebaran pada 3 sampai 9 April 2024, BMKG memprediksi wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan dalam kategori ringan hingga sedang.

Kemudian pada periode kedua mulai 19 sampai 16 April 2024 diprediksi berpotensi cerah hingga cerah berawan secara umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: