Jelang Lebaran, Ini Update Harga Sembako dan Daging di Bandar Lampung

Jelang Lebaran, Ini Update Harga Sembako dan Daging di Bandar Lampung

Tim Monitoring Satgas Pangan saat melakukan pemantauan di Pasar Panjang, Bandar Lampung, Selasa, 26 Maret 2024.-Foto ist-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung bersama Bapannas dan tim Mabes Polri melakukan pemantauan harga serta pasokam sejumlah komoditi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pemantauan harga serta pasokam komoditi tersebut dilakukan di sejumlah pasar yang ada di Bandar Lampung pada Selasa, 26 Maret 2024.

Plt. Kadis Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung M. Yusuf mengatakan, tujuan turunnya dua tim tersebut adalah untuk memastikan harga sejumlah pasokan bahan pokok.

Seperti beras, minyak, hingga daging dalam status aman dan terkendali.

BACA JUGA:Cegah Terjadinya TPPO, Ini yang Dilakukan DT2KP Pesisir Barat Lampung

"Kemarin tim monitoring Dinas Pangan Kota, Bapannas, dan Satgas Pangan Mabes Polri turun selama dua hari untuk memantau distribusi, harga, dan cadangan pangan pada Hari Besar Keagamaan Nasional Ramadhan dan Idul Fitri," katanya, Rabu, 27 Maret 2024.

Pada kegiatan yang dilaksanakan tanggal 25 dan 26 Maret 2024 itu tim mengunjungi retail modern Indogrosir, Pasar Induk Pasir Gintung, dan Gudang Cadangan Pangan Bulog.

Berdasarkan hasil monitoring, ketersediaan pangan di gudang distributor, pasar tradisional, riteil modern, dan kios pangan, bahan pangan tersedia dengan jumlah cukup dan harganya relatif stabil.

"Selain itu, hasil dari pemantauan itu, distribusi pasokan bahan pangan pokok dari daerah penyangga relatif lancar. Harga komoditi cabai mengalami penurunan, yang semula Rp 45.000 pada minggu lalu menjadi Rp 35.000," ulasnya.

BACA JUGA:PST.NET - Kartu Virtual Tanpa Batas Untuk Pembelian di Seluruh Dunia

"Terkait komoditi beras tidak ditemukan kelangkaan dan harganya pun sudah mengalami penurunan, meskipun masih terbilang tinggi. Rerata harga beras premium yang semula berada di kisaran Rp 17.000 sekarang Rp 15.500," sebut Yusuf.

Selain itu, petugas juga menggunakan enumerator aplikasi Si PANDA Sai HAGOM untuk melakukan analisis harga harian dengan hasil harga produk cabai di pasar induk mengalami penurunan sekitar 22% dibandingkan minggu lalu. 

"Namun harga daging ayam dan telur masih cukup tinggi dalam sepekan terakhir yaitu rata-rata Rp 35.000 per kg untuk daging ayam  dan Rp 29.000 per kg untuk telur, kemudian harga bawang putih mengalami kenaikan dari Rp 36.000 per Kg menjadi Rp 38.000 per Kg," ungkapnya.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Bulog terkait percepatan penyaluran bantuan pangan bulan April kepada 61.816 keluarga penerima manfaat yang ada di 126 kelurahan se-Kota Bandar Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: