e-KPB Mudahkan Sistem Pertanian dan Tingkatkan Perekonomian Petani Lampung

e-KPB Mudahkan Sistem Pertanian dan Tingkatkan Perekonomian Petani Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi panen kopi Arabika sistem pagar dan temu lapang bersama petani kopi di Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat, Selasa (30/1/2024). (Biro Adpim)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Provinsi Lampung merupakan penghasil komoditas utama pertanian dan menjadi salah satu lumbung pangan nasional sektor pertanian.

Lampung memiliki kontribusi terbesar dalam struktur PDRB sebesar 28,39 persen dan menyerap tenaga kerja 43,03 persen.

Komoditas andalan sektor pertanian Lampung di antaranya padi, jagung, singkong, kopi, lada, nanas, pisang, sapi, unggas, dan ikan.

Meskipun produksi komunitas pertanian cukup besar namun masih dihadapkan pada berbagai permasalahan.

BACA JUGA:Cek, Kualifikasi Pendidikan Pada Formasi CPNS 2024 Kemenkumham

Di antaranya, kelangkaan pupuk, kurangnya akses permodalan, juga lemahnya manajemen risiko usaha tani.

Kemudian, kurangnya pemahaman terhadap jaminan sosial kecelakaan kerja, serta kurang terjaminnya pendidikan anak petani berprestasi.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Provinsi Lampung membuat terobosan e-KPB (Kartu Petani Berjaya berbasis elektronik).

Tujuannya untuk mempermudah pertanian, mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian.

BACA JUGA:Bukan Cuma Rendang Opor, Ini 4 Menu Hidangan Lebaran Idul Fitri yang Jadi Incaran

Melihat dari website e-KPB, hingga saat ini ada 837.804 petani, 77,655 kelompok tani, dan 1.398 kios pubers yang teregister di e-KPB.

Dalam proses perencanaan, pelaksanaan serta pengembangan inovasi e-KPB melibatkan multi sektor antara lain pemprov dan pemkab/pemkot

Lalu, supplier dan distributor sarana produksi pertanian, perbankan, Bimades, Bumdes, koperasi, lembaga asuransi, akademisi, petani, nelayan, pekebun, dan peternak.

Ada 16 layanan yang ada pada program e-KPB, mulai dari e-Keanggotaan, e-Saprotan, e-Puber, e-Alsintan, e-Permodalan, e-Asuransi, e-Gudang Ternak, Hallo Medic Vet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: