Universitas Teknokrat Indonesia-BPPTIK Kolaborasi Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi

Universitas Teknokrat Indonesia-BPPTIK Kolaborasi Selenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi

Foto dok Universitas Teknokrat Indonesia--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) bekerjasama dalam Sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA) pada 2 April 2024, di Auditorium kampus setempat.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Pelatihan VSGA yang dilakukan secara daring sejak tanggal 13-25 Maret 2024 lalu dengan diikuti sebanyak 384 peserta yang terdiri dari dosen dan umum.

Tujuh Dosen Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UTI turut menjadi tim pengajar dalam pelatihan tersebut. 

Selama kegiatan pelatihan, Asesor BPPTIK menyeleksi peserta hingga dinyatakan sebanyak 86 peserta yang lulus untuk mengikuti uji kompetensi menggunakan skema Pelatihan dan Sertifikasi meliputi Associate Data Scientist, Junior Graphic Designer, Junior Network Administrator, Operator Komputer Madya, dan Video Editor.

BACA JUGA:Way Tenumbang Meluap, Sejumlah Pemukiman Penduduk di Pekon Sukarame Dilanda Banjir

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama UTI Dr. Ryan Randy Suryono, S.Kom., M.Kom. dengan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, beserta jajaran di lingkungan UTI, Kepala BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Infromatika Hamdani Pratama, SH., M.Ikom.

“Melalui uji sertifikasi VSGA yang dilaksanakan secara offline, diharapkan calon tenaga kerja/lulusan yang memiliki sertifikat kompetensi akan mendapatkan pengakuan industri dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten,” kata Dr. Ryan dalam sambutannya.

Pada kesempatan bersamaan, Kepala BPPTIK menyampaikan kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan uji sertifikasi VSGA ini untuk semangat agar bisa lulus kala diuji kompetensi tersebut.

"Kami berharap semuanya dinyatakan kompeten sehingga ilmu yang diperoleh dan bukti sertifikat kelulusan dapat dimanfaatkan dan menjadi nilai tambah dalam bekerja,” ucap Hamdani.

BACA JUGA:Tilep Dana Desa Rp 600 Juta, Oknum Kades di Lampung Timur Diringkus Polisi

Kepala BPPTIK juga mengapresiasi UTI karena telah memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan nyaman, hal ini ditunjukkan dengan adanya laboratorium canggih yang digunakan oleh para peserta uji sertifikasi.

"Fasilitas yang ada di UTI melebihi standar yang ditetapkan oleh BPPTIK sebagai tempat uji kompetensi tingkat nasional," terangnya.

Ditambahkan Dr. Heni Sulistiani, S.Kom., M.Kom. selaku ketua pelaksana kegaiatan, tujuan dari ujian kompetensi ini adalah untuk mempersiapkan lulusan menjadi tenaga kerja yang kompeten, terampil, dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja modern.

Wakil Rektor UTI Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. menyambut baik adanya kegiatan uji kompetensi tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: