Idul Fitri, Lapas IIA Kota Metro Siapkan Tempat Untuk Layanan Kunjungan Keluarga

Idul Fitri, Lapas IIA Kota Metro Siapkan Tempat Untuk Layanan Kunjungan Keluarga

Kalapas Kelas IIA Kota Metro M. Mulyana--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota METRO sudah mempersiapkan layanan kunjungan keluarga warga binaan selama hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, 

Kepala Lapas Kelas IIA Kota Metro, Muhammad Mulyana mengatakan, kunjungan keluarga narapidana maupun tahanan selama Idul Fitri berbeda dengan kunjungan saat Ramadan.

Dikatakannya, pihaknya memberikan kelonggaran waktu kunjungan yang berlaku selama 4 hari saat Idul Fitri, yaitu tanggal 1 sampai 5 Syawal atau pada 10 sampai 14 April 2024.

"Saat Hari Raya pertama sampai 4 hari kedepan, kita tetap buka kunjungan walaupun dalam libur hari raya Idul Fitri," kata dia.

BACA JUGA:Puluhan Rumah Warga di Desa Toto Mulyo Lampung Timur Hancur Diterjang Angin Puting Beliung

Ia menuturkan, Lapas Kelas IIA Kota Metro memberikan kelonggaran jam kunjungan selama delapan jam setiap harinya.

"Selama ramadan ini waktu kunjungannya itu dibagi dua sesi. Nah, kita juga memberikan kesempatan keluarga narapidana untuk bisa menitipkan makanan berbuka puasa dari jam 13.00 sampai dengan jam 15.00 WIB," ujarnya.

Lanjut Mulyana, kunjungan ke warga binaan juga bisa dilakukan lebih dari 3 orang keluarganya.

"Biasanya kan kita batasi ya, satu tahanan itu hanya boleh 3 orang keluarga yang mengunjunginya. Itu supaya tempat kunjungannya itu tidak terlalu penuh. Tapi di hari raya Idul Fitri nanti, pengunjung tahanan bisa lebih dari 3 orang. Ini juga dalam rangka memberikan kesempatan untuk mereka saling bersilaturahmi," jelasnya.

BACA JUGA:Update Fasilitas dan Layanan Jalan Tol Trans Sumatera Periode Mudik Lebaran 2024, Ada Diskon Tarif 20 Persen

Disampaikannya, aturan kunjungan tersebut juga berlaku untuk semua warga binaan dan tahanan, sehingga pihaknya pun telah menyediakan lokasi khusus untuk kunjungan kerabat tahanan.

"Semua narapidana dan tahanan memiliki kesempatan yang sama ya untuk dikunjungi saat Lebaran. Nah, kita pun sudah menyiapkan tempat khusus untuk kunjungan yang insyaallah nantinya akan cukup," ungkapnya.

Ia menambahkan, pelayanan kelonggaran jam kunjungan tersebut diberika. Lapas Kelas IIA Kota Metro supaya warga binaan dapat melepas rindu terhadap keluarganya saat Hari Raya Idul Fitri.

"Kami tetap akan menerima kunjungan dari keluarga warga binaan maupun tahanan. Itu untuk memberikan kesempatan kepada supaya bida berbaur, dna melepas rindu ke keluarganya," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: