BMKG Prediksi Cuaca Buruk di Lampung Muncul hingga Malam Takbiran

BMKG Prediksi Cuaca Buruk di Lampung Muncul hingga Malam Takbiran

Ilustrasi hujan deras.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Lampung memprediksi cuaca buruk berupa hujan deras disertai kilatan petir berpotensi hadir hingga malam takbir di hampir seluruh wilayah Lampung.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Hariyanto mengatakan, dilihat dinamika atmosfer mulai dari tanggal 8 hingga 14 April mendatang tedapat aliran massa udara pada lapisan 3000 feet masih didominasi dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 5–15 knot. 

Terdapat juga Siklon Tropis OLGA terpantau di bagian Barat Laut Australia yang membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi memanjang dari Bali, Nusa Tenggar Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi, konfluensi atau belokan angin tersebut. Kelembaban udara pada lapisan 850, 700, 500 mb terpantau cukup lembab berkisar antara 60-95%," katanya, Senin, 8 April 2024.

BACA JUGA:Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Diminati Pemudik

Selain itu, Anomali  Sea Surface Temperature (SST) berkisar antara +0,5 s/d +1,5 °C, yang mana terdapat potensi penguapan (penambahan massa uap air) di perairan Lampung.

Terdapat juga labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal di wilayah Lampung.

"Secara umum dalam 7 hari ke depan, wilayah Lampung diprakirakan berawan. Hujan sedang umumnya pada siang dan malam hari," ungkapnya.

Disebutkan, hampir semua wilayah Lampung yang berpotensi hujan disertai petir atau kilatan dan angin kencang  dengan intensitas hujan ringan 0,1–5,0 mm/jam atau 5–20 mm/hari.

BACA JUGA:10 Orang Saksi Diperiksa Terkait Aksi Gerombolan Curanmor yang Menembak Mako Polda Lampung

Hujan sedang dengan intensitas 5,0–10,0 mm/jam atau 2–50 mm/hari dan hujan lebat dengan intensitas : 10,0–20 mm/jam atau 50–100 mm/hari, serta hujan sangat lebat dengan intensitas  >20 mm/jam atau >100 mm/hari.

Seperti, daerah  Way Kanan, Lampung Tengah, Mesuji, Lampung Timur, Tulanga Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Metro, Lampung Selatan, Pesawaran, akan diguyur hujan pada siang, sore, dan malam hari.

Oleh karenanya, pihaknya terus meminta dan mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

"Seperti genangan air, banjir, hingga longsor," tandasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: