Masih Suasana Idul Fitri, Polres Metro Pantau Objek Wisata dan Patroli ke Rumah Kosong

Masih Suasana Idul Fitri, Polres Metro Pantau Objek Wisata dan Patroli ke Rumah Kosong

Personil Kepolisian Resor (Polres) Metro menyusuri sejumlah objek wisata dan rekreasi di Kota Metro. Foto Dok--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Personil Kepolisian Resor (Polres) METRO menyusuri sejumlah objek wisata dan rekreasi di Kota METRO.

Hal tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi tindak krimnalitas di masa hari libur pasca Perayaan Idul Fitri.

Kapolres Metro Polda Lampung AKBP Heri Sulistyo Nugroho menuturkan, personil Polres Metro memantau dan memastikan kelayakanan wahana maupun tempat permainan.

"Iya patroli dan pengecekan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat di saat mengisi hari libur di suasana Idul Fitri Tahun ini,” ujarnya.

BACA JUGA:5 Tips Mengajarkan Anak Mengelola THR Lebaran 2024 Agar Lebih Bermanfaat

Ia mengatakan, pengecekan tersebut guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, diprediksikan jumlah pengunjung akan meningkat selama liburan.

“Pengamanan maksimal juga dilakukan untuk menekan kerawanan Kamtibmas, misalkan aksi kejahatan, kemacetan, ataupun potensi kecelakaan bagi pengunjung," kata dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya pun melakukan pengecekan di sejumlah Taman rekreasi, serta objek wisata. Pihaknya juga mengimbau para pengelola objek wisata untuk tidak lupa memastikan kelayakan wahana rekreasi yang digunakan oleh masyarakat.

"Jangan lupa, para pengelola juga harus menyediakan perangkat keselamatan bagi para pengunjung," tandasnya.

BACA JUGA:Rutin di Cek Polres, Masih Ada Oknum Lakukan Pengecoran BBM Pertalite di SPBU

Selain itu, lanjut Kapolres, ia juga memastikan Polres Metro dan Polsek jajaran melakukan patroli keliling rumah kosong yang berada di kawasan perumahan dan perkampungan di Bumi Sai Wawai.

Patroli dilakukan ke rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya. Patroli dan pemeriksaan yang dilakukan tersebut untuk menjaga keamanan di sekitar lingkungan tersebut, dengan melibatkan ketua RT dan RW setempat, dan para sekuriti.

"Tentu saja tujuan dari patroli cipta kondisi ini untuk menciptakan rasa aman masyarakat khususnya di rumah-rumah kosong yang sedang ditinggal mudik oleh pemiliknya," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengingatkan, pagar dan pintu rumah selalu dikunci, serta perabot yang berpotensi menyebabkan kebakaran, bisa dicabut dari sumber listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: