Pasca Banjir, Wali Kota Bandar Lampung Kembali Turun Pastikan Fungsi Sungai Normal Seperti Semula

Pasca Banjir, Wali Kota Bandar Lampung Kembali Turun Pastikan Fungsi Sungai Normal Seperti Semula

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana yang turun kembali memastikan gorong-gorong bersih dari endapan sedimen yang memicu banjir, Minggu, 14 April 2024 di TbB, Bandar Lampung.-Foto ist-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pasca banjir, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana kembali melakukan pemantauan perbaikan gorong-gorong yang tersumbat di wilayah Citra Garden, Telukbetung Barat (TbB), Minggu, 14 April 2024.

Terlihat sejumlah petugas BPBD dan DLH terus melakukan sejumlah upaya pencegahan banjir yang disebabkan oleh jebolnya tanggul hingga air sungai meluap lalu turun dan masuk ke pemukiman warga pada Jumat 12 April 2024.

Eva mengatakan, di cuaca yan cerah hari ini, pihaknya tengah berupaya memperbaiki segala sesuatu mulai dari pengerukan gorong-gorong menjadi fungsi sungai hingga perbaikan tanggul jebol yang dilakukan sejak kemarin.

"Dulu lokasi ini terdapat sungai kecil, namun ditutup menjadi gorong-gorong. Kami Pemkot Bandar Lampung akan mengembalikan fungsi sungai seperti semula," kata Eva.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Sepatu Olahraga yang Cocok Untuk Lari Bikin Kaki Nyaman Anti Slip

Selain itu, pihaknya juga menduga saluran sungai yang ada sengaja ditutup oleh pengembang perumahan setempat.

Oleh karenanya, pihaknya telah melayangkan pemanggilan kepada pengembang tersebut untuk mengklarifikasi sekaligus mencari jalan keluar, terutama pada tanggul jebol tersebut.

"Jadi kita akan kembalikan lagi alirannya, tidak ada lagi aliran sungai yang kemana-mana. Sebab ini baru terjadi pertama kali di sini. Kita betulkan tanggul yang ada di sini, dan cara lainnya nanti terpenting perbaiki dulu," tandasnya.

Sementara itu, Kalak BPBD Bandar Lampung melalui Sekretarisnya, Edy, menyebut puluhan personilnya hingga kini masih berupaya memperbaiki gorong-gorong yang tersumbat banyak sedimen.

BACA JUGA:Polres Metro Maksimalkan Patroli Mengawasi SPBU

"Kami hari ini masih membersihkan gorong-gorong yang mampet karena banyak batu dan pasir dari atas gunung, supaya air yang ada bisa mengalir dengan baik," terangnya.

Pihaknya berharap segala upaya yang dilakukan saat ini mampu membuat banjir tidak datang kembali di wilayah tersebut dan Kota Bandar Lampung lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: