Waduh! Harga Bawang Merah di Tuba Barat Lampung Bikin Menangis

Waduh! Harga Bawang Merah di Tuba Barat Lampung Bikin Menangis

Sejumlah bahan pokok kini mengalami penuruan pasca lebaran, tanpa terkecuali bawang merah dan cabai merah di Pasar Pasir Gintung, Rabu, 17 April 2024.-Foto Melida Rohlita-

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Harga bawang merah di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung, hingga hari ini masih mencapai 70.000 per kg. 

Harga bawang merah Tuba Barat, Lampung pasca hari Raya Idul Fitri hingga saat ini masih belum juga turun. Kondisi ini menggerus pembukuan dapur rumah tangga masyarakat setempat. 

Sebab sebelumnya, mereka memprediksi bahwa harga bawang merah akan turun di bawah Rp40.000.

Namun faktanya, hingga hari ini bawang merah asal Brebes dengan kualitas bagus mencapai 70.000 sementara kualitas nomor 2 dijual dengan harga Rp64-65.000 per kg. 

BACA JUGA:Simpan Sabu di Rumah, Warga Lampung Timur Digrebek

Berdasarkan pantauan Radar Lampung di Pasar Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, di Pasar Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung harga bawang merah masih di angka tersebut di atas. 

Bahkan untuk sejumlah pengecer bawang merah asal Brebes mereka jual dengan harga Rp75-77.000 per kg. 

Di Pasar Panaragan Jaya misalnya, kios milik Minah (45) dan Apriadi (36) warga Pulang Kencana, bawang merah mencapai Rp70-77.000. 

"Ya kami terpaksa menjual dengan harga ini karena dari agennya sudah mahal kami ini hanya untung 2 sampai 3000 per kg,"ungkap Minah lagi. 

BACA JUGA:Polisi Amankan Lima Orang Pemasang Jeratan Babi yang Tewaskan Warga di Lumbok Seminung

Tidak berbeda dengan Subroto dan Median. Dua penjual asal Tiyuh Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tubaba, mengatakan bahwa harga terendah bawang merah yakni Rp60.000. 

Harga tersebut karena komoditas ini kecil Tidak seperti biasanya. Sementara untuk bawang merah dengan kualitas bagus tetap di angka 70 sampai 75.000.

"Untuk Pulung Kencana memang harganya masih 70 sampai Rp75.000 tergantung barang yang kami jual," tuturnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: