LAM-PTKes Visitasi Prodi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kesehatan UMPRI
Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) melakukan visitasi di Program Studi sarjana kebidanan dan pendidikan profesi bidan fakultas kesehatan Universitas Muhammadiyah Pringsewu.--
Senada dengan Anjarwati, asesor 2 Dian Nur Hadianti, SST, M.Kes. membacakan Pedoman Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi (site visit) dari LAM-PTKes terkait yang boleh di lakuakan dan tidak boleh dilakukan oleh asesor dan menyatakan bahwa tim asesor diminta LAM-PTKes untuk mengkonfirmasi serta mengklarifikasi bukan untuk memeriksa.
Sehingga, lanjutnya, tim akreditasi tidak perlu takut untuk memperlihatkan dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan.
Adapun kriteria yang dinilai oleh LAM-PTKes meliputi Sembilan kriteria diantaranya (1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, (2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, (3) Mahasiswa, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, (6) Pendidikan, (7) Penelitian, (8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan (9) Luaran dan Capaian Tridharma.
Pada hari pertama proses akreditasi, Dalam visitasi , Dekan Fakultas Kesehatan Elmi Nuryanti, M.Kes, M.Epid.,PhD., secara mendetail mempresentasikanisi borang yang telah disiapkan. Inti yang dipresentasikan meliputi makna kunggulan visi dan misi, renstra yang telah dibuat, pengembangan kompetensi dosen, hingga cara peningkatan informasi pendidikan untuk mahasiswa.
BACA JUGA:Rincian Formasi PPPK Kemenag yang Paling Banyak Dibutuhkan Pada Rekrutmen CASN 2024
Dilanjutkan dengan pemaparan profil Program Studi sarjana kebidanan dan pendidikan profesi bidan oleh Kaprodi Bd. Nurwinda Saputri, S.ST.,M.Keb,
Bagian ini, berisi identitas Unit Pengelola Program Studi, informasi tentang program studi dan program studi yang diusulkan akreditasinya, profil mahasiswa dan lulusan, profil dosen, profil tenaga kependidikan, profil sumberdaya keuangan, aset-fasilitas, dan sistem informasi dan program dan capaian unggulan Unit Pengelola Program Studi.
Setelah selesai pemaparan Tim asesor dan pejabat terkait melanjutkan kegiatan yaitu Peninjauan Lapangan seperti Pengecekan fasilitas (laboratorium, Layanan, Informasi Ilmiah, pengelola sistem informasi), Lecture/Lab work/research sit in, Pengecekan ruang dosen dan tenaga kependidikan, Pengecekan fasilitas umum, UKM, dan Fasilitas pendukung lainnya. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: