Iklan Bos Aca Header Detail

Daftar Tahun 2017, Aqil Jadi Calon Jemaah Haji Termuda Lampung, Begini Penjelasan Kepala Kanwil Kemenag

Daftar Tahun 2017, Aqil Jadi Calon Jemaah Haji Termuda Lampung, Begini Penjelasan Kepala Kanwil Kemenag

Aqilah Galan Fabil (tengah) didampingi kedua orang tuanya kini menjadi JCH Lampung termuda.-Foto: Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id-

BACA JUGA:Seleksi Penerimaan Taruna Baru PKN STAN 2024 Resmi Dibuka, Segini Jumlah Formasi Per Jalur Masuk

Disampaikan, Yuberti Yubhar Taufik ibu dari Aqil, pendaftaran anaknya sesuai amanah ayahnya untuk mendaftar haji anak-anak di usia 12 tahun.

"Di 2017 lalu papanya mengambarkan ke saya untuk mengurus pendaftaran. Di kala itu saya pun menyampaikan ke ananda karena pemahaman beliau pasti belum matang. Nak papa daftarkan kakak haji. Urusan pelunasan nanti dan keberangkatan di usia 38 tahun," ungkapnya.

"Alhamdulillah semua kemudahan dan keberkahan juga izin Allah, panggilan menurut Allah sudah layak ini pun menjadi kebanggaan kami. Alhamdulillah anak memenuhi kriteria usia lebih 18 tahun dan masa pendaftaran lebih 5 tahun untuk bisa penggabungan mahram," sambungnya.

Sementara, Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo mengatakan, semua jemaah haji mendapatkan proses yang sama melalui sistem Siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu).

BACA JUGA:Masuk HP Mid-Range Terbaru, Realme Luncurkan Seri GT 6T Dengan Snapdragon 7 Plus Gen 3

"Semua antrian sudah by sistem jadi tidak ada rekayasa. Jadi tidak bisa, misalnya saya daftar haji langsung berangkat atau menjadi haji termuda," ujar Puji Raharjo.

Puji Raharjo pun turut angkat bicara terkait Aqilah Galan Fabil yang menjadi jemaah haji termuda.

"Dia (Aqilah, red) sebenarnya didaftarkan oleh orang tuannya enam tahun yang lalu. Tapi berhubung orang tuanya berangkat tahun ini dan dipendaftaran tahap kedua ada opsi penggabungan mahram maka orang tuanya mengajukan anaknya untuk digabungkan," ungkapnya.

"Lalu disetujui. Jadi walaupun baru enam tahun bisa berangkat bareng orang tuanya. Asal sudah lebih dari 5 tahun maka boleh penggabungan," sambungnya.

BACA JUGA:Murah Meriah, Cek Spesifikasi dan Penawaran Terbaru Itel Pad 2 dan Oppo Pad Air2, Mana yang Lebih Oke?

Lanjut Puji Raharjo, penggabungan ini juga biasa dimanfaatkan oleh lansia yang membutuhkan pendamping.

"Mahram di sini hanya orang tua dan anak atau suami dan istri, juga untuk saudara kandung," tuturnya.

Lebih lanjut Puji Raharjo menyampaikan bahwa kondisi jemaah haji Lampung secara keseluruhan sehat dan bisa menyesuaikan dengan cuaca yang ada di tanah suci.

"Namun demikian keluhan batuk itu umum dan saya imbau jemaah haji untuk mengkonsumsi air putih secara cukup setiap hari dan minum air putih dicampur oralit supaya tidak dehidrasi karena cuaca di sana beda dengan di sini," terangnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: