Iklan Bos Aca Header Detail

Ahli Geologi Itera Sebut Potensi Gunung Api Suoh Meletus Masih Butuh Kajian

Ahli Geologi Itera Sebut Potensi Gunung Api Suoh Meletus Masih Butuh Kajian

BB-TNBBS), Bidang Wilayah II Liwa, Resort Suoh mengimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, menyikapi dentuman yang berasal dari salah satu kawah di spot wisata keramikan, yang terjadi sekitar pukul 08.30 Wib, Jumat 24 Mei 2024.--

BACA JUGA:Kukuh Nyalon Wali Kota Bandar Lampung, Reihana Mengaku Telah Ditawari 3 Calon Pendamping

Sejauh ini, kata dia, belum ada gunung Tipe C yang meletus dalam sejarah kehidupan bangsa Indonesia.

"Dari yang saya ketahui, Indonesia sendiri belum ada erupsi dari gunung api tipe C," terangnya.

Meski begitu, eruspsi tersebut bisa saja kembali terjadi. Karenanya, masyarakat yang berada di lingkungan sekitar harus tetap menjaga kewaspadaan.

"Untuk erupsi freatik bisa saja terjadi lagi, tapi untuk erupsi magmatik perlu untuk kajian lagi. Betul (waspada, red). Khususnya di sekitar kawah keramikan yang di Suoh," imbuhnya.

BACA JUGA:Menuju Tulang Bawang 1, Sekretaris DPD I Golkar Lampung Jalani Fit and Propertest di PDIP

Selain itu, Dosen Prodi Teknik Geologi Itera itu juga menyebut jika Provinsi Lampung dikelilingi oleh gunung api yang harus diwaspadai setiap saat.

"Dan di provinsi Lampung ada beberapa gunung api, selain gunung Anak Krakatau. Ada seperti Gunung Sekincau, Gunung Pesawaran, Gunung Betung, juga Gunung Rajabasa," bebernya.

"Potensi panas di setiap gunung tersebut masih dapat diamati dari kehadiran manifestasi fumarol, solfatara, ataupun air panas," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: