Iklan Bos Aca Header Detail

KPU Lampung Barat Gelar Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2024

KPU Lampung Barat Gelar Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2024

KPU) Kabupaten Lampung Barat, menggelar rapat pleno penetapan perolehan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) hasil Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar 14 Februari 2024.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Barat, menggelar rapat pleno penetapan perolehan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) hasil Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar 14 Februari 2024.

Rapat pleno yang digelar di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Arip Sah, S.Kom., dihadiri Pj Sekda Drs. Adi Utama, Ketua Bawaslu Novri Jonestama bersama anggota, perwakilan dari Forkopimda serta partai politik (Parpol) peserta Pemilu.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Lampung Barat Arip Sah mengungkapkan, proses sekitar 24 bulan begitu banyak menyita perhatian, menguras tenaga pikiran dan waktu dan yang tak yang tidak kalah penting adalah bagaimana 18 partai politik di Kabupaten Lampung Barat ini berlomba-lomba untuk meyakinkan masyarakat bahwasanya partai-partai yang ditawarkan adalah yang terbaik untuk masyarakat Lampung Barat.

"Pasca Pemilu 14 Februari yang lalu semua sudah bisa melihat, berapa partai politik yang bisa menghantarkan wakil-wakilnya di parlemen khususnya untuk Kabupaten Lampung Barat Karena untuk provinsi dan pusat itu sudah ditetapkan ya pak tinggal Lampung Barat karena kebetulan memang ada beberapa dinamika sehingga baru hari ini pasca keputusan MK beberapa hari yang lalu tepat di tanggal 21 Mei sehingga baru bisa kita tetapkan hari ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Hindari Mobil Mendadak Putar Arah, Truk Banting Setir Hingga Tabrak 2 Truk Dari Arah Berlawanan

Terusnya, selama proses dan tahapan ini banyak dinamika yang terjadi tetapi itu semua merupakan satu proses pendewasaan bagi masyarakat Lampung Barat dalam menentukan pilihan menentukan orang-orang yang bisa mewakili kepentingan mewakili harapan dan aspirasi masyarakat untuk menjadi wakil-wakil rakyat di parlemen khususnya di DPRD Kabupaten Lampung Barat.

"Kami memastikan tahapan berjalan sebagaimana di ketentuan regulasi, yang juga berpedoman pada peraturan perundang-undangan. Kendati demikian  kami menyadari dengan segala keterbatasan kami ada hal-hal yang tidak bisa memuaskan semua pihak tapi inilah proses yang harus kami jalankan," kata dia.

Terusnya, terkait pleno yang digelar semua partai politik memiliki catatan siapa saja yang duduk, dan yang akan disampaikan tidak akan jauh berbeda dengan yang sudah direka selama ini.

" Karena memang basis penghitungan dan penyampaian hasil itu sudah jelas ada ketentuannya dan satu suara pun tidak akan pernah bisa bergeser dan menjadi komitmen bagi kawan-kawan penyelenggara untuk memastikan apa yang dihasilkan oleh partai politik itulah yang akan menjadi laporan kami pada pleno nantinya," ujarnya.

BACA JUGA:DPRD Lampung Berharap Instansi Terkait Awasi Penggunaan Anggaran Pilkada Secara Ketat

Sementara itu, Sekda Lampung Barat Drs. Adi Utama mengungkapkan atas nama pemerintah daerah, ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara Pemilu baik itu KPU, Bawaslu PPK PPS dan KPPS serta aparat keamanan TNI dan Polri yang telah menjalankan tugas dengan integritas dan dedikasi yang tinggi sehingga Pemilu  tahun 2024 di Lampung Barat berjalan aman dan damai.

"Alhamdulillah tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Lampung Barat telah kita lalui bersama dengan sukses dan lancar dan pada hari ini kita akan melaksanakan salah satu tahapan penting yakni rapat pleno penetapan hasil perhitungan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat periode 2024-2029 yang merupakan rapat akhir diantara rangkaian rapat pleno sebelumnya," ujarnya.

"Dengan ditandainya berita acara penetapan hasil perhitungan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat kami berharap kepada seluruh partai politik untuk tetap menghormati hasil pemilu supaya apa yang telah kita komitmenkan bersama untuk membangu Lampung Barat dapat terwujud," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: