Iklan Bos Aca Header Detail

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Tim Juleha telah disiapkan untuk penyembelihan hewan kurban

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Tim Juleha telah disiapkan untuk penyembelihan hewan kurban

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno-Ruri Setiauntari-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro telah menyiapkan tim Juru Sembelih Hewan Halal (Juleha) yang tersebar di 404 Masjid se- Kota Metro.

Kepala DKP3 Kota Metro, Heri Wiratno menuturkan, sebelumnya, tim juleha telah diberi pengetahuan mengenai tata cara penyembelihan hewan kurban.

"Nanti akan kita undang lagi sekitar tanggal 10 Juni, untuk diberikan pengetahuan mengenai tata kelola, dari pengawasan dan lainnya. Sebelumnya kita sudah latih Juleha ini mengenai penyembelihan hewan kurban," ujarnya.

Heri mengatakan, pihaknya juga sudah membentuk tim pengawas kurban yang bakal melakukan pengecekan sebelum hewan kurban disembelih.

BACA JUGA:Apa Kabar Usulan Perbaikan Jalan Daerah Menggunakan Dana Inpres?

Di mana, tim pengawas kurban pun telah ditetapkan di dalam Surat Keputusan (SK) Wali Kota Metro. Tim pengawas terdiri dari dokter hewan, tenaga medik veteriner, dan juga terdapat pendamping dari kelurahan.

"Nanti tim pengawas kurban kan ada pemeriksaan post mortem ataupun ante mortem di tanggal 16 Juni, dan 17 Juni. Sebelum disembelih, sudah kami periksa kesehatannya, layak atau tidak untuk disembelih. Begitu juga setelah disembelih, akan diperiksa juga," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mekanisme penyembelihan hewan kurban, DKP3 akan menetapkan aturannya minggu depan.

BACA JUGA:Panen Kopi di Lampung Barat, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Apresiasi System Intercropping

"Untuk mekanisme pengawasannya itu, nanti akan diatur saat rapat tanggal 10 Juni. Kan ketua timnya nanti dari dokter hewan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: