Iklan Bos Aca Header Detail

Jaringan Telepon-Internet di Pesisir Barat Kerap Gangguan Saat Listrik Padam

Jaringan Telepon-Internet di Pesisir Barat Kerap Gangguan Saat Listrik Padam

Kondisi jaringan telekomunikasi maupun jaringan internet melalui menara Telekomunikasi di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih kerap mengalami gangguan saat jaringan listrik PLN yang ada di menara Telekomunikasi itu mengalami pemadaman listr--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kondisi jaringan telekomunikasi maupun jaringan internet melalui menara telekomunikasi di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih kerap mengalami gangguan saat jaringan listrik PLN yang ada di menara telekomunikasi itu mengalami pemadaman listrik.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kabupaten Pesbar, Suryadi, S.IP, M.M., mengatakan bahwa, mengenai kondisi menara telekomunikasi di Kabupaten Pesbar ini yang kerap mengalami gangguan terutama saat terjadi pemadaman listrik PLN.

Seperti yang terjadi pada Selasa 4 Juni 2024 hingga Rabu 5 Juni 2024 di wilayah Kabupaten Pesbar itu jelas berdampak terhadap menara telekomunikasi di wilayah Pesbar ini.

“Karena jika listrik padam, maka menara telekomunikasi itu tidak berfungsi, sehingga jaringan telekomunikasi maupun jaringan internet terhambat, langsung mati,” katanya, Kamis 6 Juni 2024.

BACA JUGA:Pemkab Lampung Barat Fokus Pencegahan Stunting di 262 Posyandu

Suryadi mengatakan bahwa mengenai persoalan tersebut, sebelumya juga telah disampaikan dan dikoordinasikan dengan pihak provider yang ada di Kabupaten Pesbar ini.

Memang, untuk menara telekomunikasi di wilayah Pesbar ini tidak memiliki generator set (genset) yang standby, hal itu berkaitan dengan keamanan alat. Adapun accu (akumulator) untuk backup di setiap menara telekomunikasi itu rata-rata sudah tidak berfungsi.

“Sehingga, apabila jaringan listrik PLN mengalami pemadaman, maka menara telekomunikasi akan langsung mati total,” jelasnya.

Ditambahkannya, kondisi tersebut terjadi di semua operator dan memang rata-rata Kabupaten lainnya pun sama, jika listrik padam, maka menara telekomunikasi mengalami gangguan jaringan baik telpon maupun internet.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Belum Ditemukan Penyakit Pada Hewan Ternak di Mesuji

Terkecuali di wilayah kota-kota besar. Karena itu, dari hasil koordinasi dengan provider, terkait itu bukan terjadi di wilayah Pesbar saja namun juga di Kabupaten lainnya.

“Untuk itu diharapkan agar masyarakat terutama di Kabupaten Pesbar ini untuk dapat bersabar dan memakluminya mengenai gangguan jaringan telepon maupun jaringan internet melalui menara telekomunikasi saat kondisi listrik padam,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: