Launching Bank Salingda, Pemkab Tanggamus Lampung Terapkan Manajemen Pengumpulan dan Pemilahan Sampah

Launching Bank Salingda, Pemkab Tanggamus Lampung Terapkan Manajemen Pengumpulan dan Pemilahan Sampah

Pemkab Tanggamus Lampung me-launching Bank Salingda dan gelar kegiatan coastal clean up dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS --

BACA JUGA: Curug Gangsa, Destinasi Wisata Lampung Tersembunyi yang Memesona

Sampah yang tidak terkelola dengan baik, tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. 

Terhadap sektor pariwisata, keberadaan sampah akan menurunkan citra objek wisata dan memiliki dampak lanjutan terhadap perekonomian masyarakat yang bergantung pada kegiatan kepariwisataan.

Oleh karena itu, momentum coastal clean up dipusatkan di Pantai Muara Indah, yang merupakan salah satu destinasi wisata Tanggamus.    

Harapannya, melalui kegiatan ini, pengunjung maupun masyarakat setempat dapat tergugah untuk lebih peduli dan menjaga kebersihan objek wisata.

BACA JUGA: Picu Pemadaman Listrik, Ternyata Ini Penyebab Transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat Terganggu

Selanjutnya, salah satu upaya yang sesuai dengan paradigma baru pengelolaan sampah di Indonesia adalah berdasar PP Nomor 81 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Di mana, adanya pengelolaan sampah yang memberikan nilai ekonomi. Di antaranya melalui Bank Sampah.

Pj. Bupati  Tanggamus Mulyadi Irsan menegaskan, melalui kegiatan tersebut seluruh pihak diajak untuk melakukan aksi bersih-bersih serentak di wilayahnya masing-masing.

Utamanya membersihkan saluran air dan sungai serta pesisir pantai dari sampah. 

BACA JUGA: Sama-Sama HP 2 Jutaan, Lebih Suka Samsung Galaxy A15 4G atau Oppo A60?

Sementara, pembentukan Bank Salingda ini didukung berbagai pihak. Di antaranya PT Pertamina Geothermal Energy Area Ulu Belu, PT PLN Indonesia Power-Unit PLTP Ulu Belu, PT Tirta Investama Pabrik Tanggamus, PT Natarang Mining dan Bank Syariah Tanggamus.

”Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan tersebut,” kata Mulyadi Irsan. 

Diharapkan sinergitas ini dapat terus terjalin dengan baik. Kemudian memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemajuan Kabupaten Tanggamus. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: