Iklan Bos Aca Header Detail

Bawaslu Pesisir Barat Maksimalkan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih

Bawaslu Pesisir Barat Maksimalkan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih

Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah selesai melaksanakan evaluasi kinerja terhadap Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) existing se-Kabupaten Pesbar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan memperkuat pengawasan terhadap proses pemutakhiran data pemilih menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pesbar tahun 2024.

Ketua Bawaslu Pesbar, Abd. Kodrat S, S.H, M.M., mengatakan, pengawasan itu sebagai salah upaya untuk memastikan bahwa seluruh tahapan pemutakhiran data pemilih dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku dan menjamin hak pilih masyarakat.

“Kita sudah menginstruksikan seluruh jajaran untuk melakukan pengawasan melekat di setiap Kecamatan dan Pekon. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi berbagai potensi masalah yang mungkin timbul,” katanya, Kamis 13 Juni 2024.

Dikatakannya, permasalahan yang mungkin muncul itu seperti ada data pemilih ganda, pemilih yang tidak memenuhi syarat, atau pemilih yang belum terdaftar.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Pemkab Mesuji Gelar Pasar Murah

Pemutakhiran data pemilih merupakan tahapan krusial dalam penyelenggaraan Pilkada yang demokratis. Untuk itu, Bawaslu harus memastikan bahwa data pemilih yang digunakan benar-benar valid dan akurat.

“Kita mengajak partisipasi aktif masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan pemutakhiran data pemilih yang akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesbar,” jelasnya.

Masih kata dia, masyarakat diimbau untuk melaporkan jika menemukan kejanggalan atau ketidaksesuaian dalam data pemilih di lingkungannya.

Bawaslu Pesbar juga tetap akan terus berkoordinasi dengan KPU Pesbar untuk melakukan verifikasi dan validasi data secara cermat.

BACA JUGA:Terlibat Aksi Balap Liar, Dua Remaja di Bandar Lampung Diamankan Polisi

Sinergi antara kedua lembaga ini diharapkan dapat meminimalisir potensi masalah yang bisa mengganggu jalannya Pilkada 2024 di Kabupaten Pesbar ini.

Baik untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesbar.

“Kita akan berkomitmen untuk menjaga integritas Pemilu dengan melakukan pengawasan secara ketat dan transparan. Semua laporan yang masuk akan kami tindaklanjuti dengan serius. Selain itu, dengan pengawasan yang intensif ini, diharapkan dapat menciptakan Pemilu yang bersih, jujur, dan adil, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pesbar,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: