Iklan Bos Aca Header Detail

LLDIKTI dan Balitbangda Akui Inovasi Teknokrat Beragam Dalam Pemanfaatan Teknologi

LLDIKTI dan Balitbangda Akui Inovasi Teknokrat Beragam Dalam Pemanfaatan Teknologi

Foto dok Universitas Teknokrat Indonesia.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna mendorong para mahasiswanya terus berinovasi, Universitas Teknokrat Indonesia kembali menggelar Teknokrat Academic Expo 2024 di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM. Nasrullah Yusuf, Kamis, 13 Juni 2024.

Pada kegiatan itu hadir Rektor UTI Dr. H.M Nasrullah Yusuf, SE., MBA. plt Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Dani Wahyudi, Ketua LLDIKTI Wilayah II Prof. Iskhaq Iskandar, Mantan Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, Wakil Rektor UTI Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. dan tamu undangan lainnya.

Dalam wawancaranya Rektor Teknokrat melalui Wakil Rektor Dr. Mahathir Muhammad mengatakan jika kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mendorong para mahasiswanya untuk selalu up to date terhadap semua perkembangan baru.

'"Kami selalu up to date terhadap perkembangan inovasi teknologi, memang kami belum bisa menjadi inventor, tapi kami selalu mendorong agar sesuatu hal yang baru itu setidaknya Teknokrat menjadi yang pertama atau menjadi pelopor, minimal untuk di Indonesia bahkan Asia dan dunia," katanya.

Menurut Mahathir dorongan lain yang dimaksud diantaranya bahkan di Teknokrat, dengan memberikan semua jurusan mata kuliah artificial intelligence dimana semua mahasiswa paham bahwa AI bisa digunakan di berbagai bidang dan kebutuhan sehari-hari.

"Kami juga mendorong para mahasiswa tidak hanya menjadi profesional tapi juga bermanfaat di tengah masyarakat dengan menjadi entrepreneur, menghasilkan inovasi yang berrmanfaat, termasuk melalui mobil listrik bertenaga surya, drone yang bisa memetakan sektor perkebunan, menyiram tanaman, mengendalikan hama dan lainnya," terangnya seraya berterimakasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Lampung dan LLDIKTI Wilayah II.

Plt. Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Dani Wahyudi memberikan apresiasinya terhadap apa yang dilakukan para mahasiswa Teknokrat. Dirinya menyebut, kegiatan akademic expo merupakan salah satu pembentukan karakter manusia ýang berkualitas.

"Karakter mahasiswanya juga berbeda karena lulusannya memiliki integritas dan rasa sebagai manusia, bukan mudah menjadi kampus besar dalam waktu singkat dan ini bukan mudah, ini adalah prestasi dan kebanggaan bagi pemerintah provinsi Lampung," kata Dani.

Oleh karenanya dirinya berharap Teknokrat mampu terus berbenah diri meski kini dalam kondisi sangat baik untuk maju menuju masa depan yang lebih menantang.

Sementara itu, Ketua LLDIKTI Wilayah II Prof. Iskhaq Iskandar juga turut serta mengapresiasi serta mendorong semua hasil riset ýang dibuat oleh mahasiswa bisa dihilirisasi kepada masyarakat.

"Apa yang sudah dilakukan Universitas Teknokrat Indonesia sejalan dengan riset kita di kementerian dimana produk kampus tidak hanya sebatas publikasi riset ilmiah atau paten saja. Tetapi dihilirisasi dalam bentuk produk yang ikut membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat," ucapnya.

Karena, kata Prof. Iskhaq teknologi yang terus ditingkatkan oleh Universitas Teknokrat Indonesia diakuinya sangat beragam dan kompleks.

Salah satunya adalah di bidang metaverse atau Artificial Intelligence (AI), yang mana mulanya ditujukan untuk mengantisipasi perkuliahan saat Pandemi Covid-19, ujian akhir dibuat virtual seolah semuanya hadir di ruang maya.

"Teknologi seperti ini yang diharapkan bisa langsung dimanfaatkan masyarakat umum, sehingga bisa membantu menyelesaikan masalah yang timbul, selain itu ada juga teknologi di bidang pertanian dan peternakan, termasuk untuk menyiram tanaman hingga memberikan makan ikan melalui pemanfaatkan teknologi digital dan tentunya masih banyak lagi inovasi yang dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa Teknokrat ini, sehingga perguruan tinggi tidak hanya jadi menara gading, namun memberikan kontribusi riil di tengah masyarakat,"pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: