Iklan Bos Aca Header Detail

Gelar Kuliah Umum, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pengertian Leadership dan Manajemen

Gelar Kuliah Umum, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pengertian Leadership dan Manajemen

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr.HM Nasrullah Yusuf SE.MBA saat memberi kuliah umum kepada mahasiswa pertukaran, Sabtu, 22 Juni 2024.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, S.E., MBA mengatakan generasi penerus bangsa yang sukses bukan dilahirkan melainkan dicetak dan dibentuk.

Hal itu disampaikan ketika menjadi pemateri pada kuliah umum Leadership dan Manajemen yang dihadiri 66 mahasiswa pertukaran se-Indonesia dan Universitas Teknokrat Indonesia, Sabtu, 22 Juni 2024.

Dalam paparannya Rektor mengatakan jika kegiatan salah satu upaya  untuk menimba Ilmu yang bisa digunakan untuk masa depan. Utamanya mempersiapkan generasi saat ini menuju Indonesia Emas 2045.

"Dimulai dari generasi muda Indonesia menuju Indonesia emas harus mempunyai kecerdasan yang komperhensif, yakni produktif dan inobatif. Damai dalam interaksi sosialnya serta berkarakter kuat, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya dan terpenting adalah berperadaban unggul," kata HM Nasrullah Yusuf.

Menurutnya, hal ini penting dalam menyiapkan sekaligus menyelamatkan generasi bangsa yang kini dalam fase terancam gelombang pengangguran utamanya bagi gen Z.

"Bagaimana menyiapkan kualitas generasi dimulai seperti misalnya saat ini berdiskusi dari bahasa inggris bahkan mungkin nanti bahasa Cina. Ini berhubungan dengan ancaman gelombang pengangguran Gen Z," ungkapnya.

Bukan tanpa sebab. Hal ini dirinya ungkapkan berdasarkan data analisa sebagai pendidik.

Di mana sebanyak 9,9 juta (22,25 persen) anak muda usia 15-24 tahun tidak sedang bekerja, bersekolah atau mengikuti pelatihan.

"Tingginya jumlah anak muda yang tidak memiliki aktivitas tersebut akan menjadi bom waktu di masa depan. Dari data yang ýang ada terdapat grafik ýang memperlihatkan kondisi proporsi kegiatan anak dari tahun ke tahun semakin menurun," ujarnya.

Maka dari itu, generasi muda saat ini harus dibekali oleh ilmu kepemimpinan dan manajemen baik itu mengatur orang lain atau dirinya sendiri dikemudian hari.

Sebab, kata Nasrullah definisi ada seorang pemimpin adalah mampu membuat manusia lainnya bergerak untuk memenuhi pencapaian hidupnya.

"Maka yang harus dipelajari saat ini adalah bagaimana menjadi seorang pemimpin dan juga bagaimana cara menghandle segala sesuatunya supaya ancaman pengagungan tersebut tidak terjadi," kata dia. 

Misalnya, di Teknokrat belum lama ini mengadakan Academic Expo. Di mana, tanggapan dari semua inovasi yang dilakukan sangat baik dan terus dikembangkan supaya bisa dihilirisasi kepada masyarakat.

"Kepemimpinan adalah proses dimana satu individu mempengaruhi yang lain, anggota kelompok menuju pencapaian yang ditentukan. Jadi generasi yang tangguh dan sukses menjadi pemimpin dikemudian hari itu harus dibentuk bukan dilahirkan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: