Iklan Bos Aca Header Detail

PDN Diretas, Unila Pastikan Data KIP Aman, Ini Pengumuman Hasil Penerima KIP

PDN Diretas, Unila Pastikan Data KIP Aman, Ini Pengumuman Hasil Penerima KIP

Hero Satrian Arief , Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Lampung . Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Ditengah serangan atau peretasan pusat data nasional (PDN),  Universitas Lampung (Unila) memastikan data mahasiswa sebagai pendaftar Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah aman dan selesai.

Hal ini disampaikan, Hero Satrian Arief , Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unila diruang kerja pada Selasa, 2 Juli 2024.

"Sebelum Peretasan terjadi, Pihak Universitas Lampung telah melakukan Backup data KIP Kuliah telah diseleksi hingga verifikasi turun lapangan telah diumumkan baik itu melalui jalur prestasi dan jalur tulis lainnya ,"jelas Hero.

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Siswi SMK di Mesuji Tertangkap, Kadisdikbud Lampung Apresiasi Kinerja Polisi

Pada tahun ini,  Hero menyampaikan, Unila mendapatkan jatah kuota 837 mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah. Jumlah tersebut terbagi ke dalam dua jalur masuk yaitu 310 untuk jalur SNBP (Seleksi Nasional Bersama Prestasi)  , dan 527 untuk Jalur SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes).

"Di Jalur SNBT kemarin itu, jumlah pelamarnya sekitar 2500, kalau di SNBT itu ada 898. Dan kuota kita itu ada 837 tahun ini. Alhamdulilah tidak ada masalah dan sudah selesai,"jelas Hero.

Lebih rinci, Hero mengatakan pada hari Selasa (2/7),mahasiswa KIP khusus untuk jalur tulis sudah dapat lihat pengumuman.

BACA JUGA:Lolos Program IISMA di Universiti Kebangsaan Malaysia, Berikut Cerita Perjuangan Mahasiswa Fisip Unila Ini

"Intinya dengan infomasi peretasan pusat data nasional (PDN) tidak ada pengaruhnya di Universitas Lampung (Unila). Karena Alhamdulillah sudah selesai proses penyeleksian KIP,"jelas Hero.

Mahasiswa yang terima KIP sudah bisa registrasi sejak Selasa (2/7), lanjut Hero, yang tidak diterima itu pun sudah bisa melihat berapa besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Lebih rinci, Hero mengatakan mahasiswa penerima KIP akan mendapatkan UKT 100 persen dibayar pemerintah sesuai akreditasi Prodi langsung masuk rekening Unila. Lalu, juga mendapatkan biaya hidup langsung masuk rekening mahasiswa.

BACA JUGA:Yuk Intip Pesona Pantai Kelapa Kunjir, Sangat Cocok untuk Family Gathering hingga Outbond

"Tidak ada masuk satu rupiah pun mampir ke Unila artinya nanti dalam bentuk cek kita sampai laporkan bagian keuangan, lalu kita minta bank untuk dicairkan lalu untuk ditransfer ke rekening Unila,"sebut Hero.

Hero, mengklaim Unila tidak ada memiliki dampak terhadap informasi PDN tersebut karena tim Unila selalu berkerja semaksimal mungkin terutama mengbackup data dan proses KIP juga selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: