Iklan Bos Aca Header Detail

Gampang Banget! Dengan BRImo, Bayar PBB Jadi Makin Praktis

Gampang Banget! Dengan BRImo, Bayar PBB Jadi Makin Praktis

Membayar PBB tepat waktu berarti ikut berkontribusi pada pembangunan. Kini, bayar PBB jadi makin praktis dan mudah lewat aplikasi BRImo--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah instrumen keuangan negara yang penting untuk membiayai berbagai program pembangunan dan pelayanan publik.

Dengan rutin membayar PBB tiap tahun, pemilik tanah dan bangunan sesungguhnya telah berkontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan bersama. 

Apa saja obyek yang dikenai pajak bumi dan bangunan? Ada dua jenis obyek: obyek bumi dan obyek bangunan.

Obyek bumi PBB mencakup sawah, ladang, kebun, tanah, pekarangan, dan tambang. Sedangkan obyek bangunan contohnya seperti rumah tinggal, bangunan usaha, gedung bertingkat, pusat perbelanjaan, pagar mewah, kolam renang, dan jalan tol. 

BACA JUGA:Healing Tipis-tipis Dekat Kota Bandar Lampung, Cek Lokasi dan Tarif Penginapan di Titan Villa

Besaran tarif pajak tidak dipukul rata untuk semua obyek pajak, tapi disesuaikan dengan keadaan obyek, baik itu tanah kosong, rumah tinggal, maupun toko usaha.

Kabar baiknya, awal tahun ini Kementerian Keuangan menetapkan potongan PBB bagi wajib pajak sektor perkebunan, kehutanan, dan pertambangan (PBB P3) yang terkena bencana. 

Potongan berlaku untuk dua jenis wajib pajak. Pertama, wajib pajak yang mengalami kerugian komersial dan kesulitan likuiditas selama dua tahun berturut-turut. Wajib pajak dengan kondisi ini diberikan potongan PBB hingga 75 persen.

Kedua, wajib pajak yang obyek pajaknya terkena bencana alam atau keadaan luar biasa lainnya berpotensi memperoleh potongan hingga 100 persen, alias gratis. 

BACA JUGA:PT Kereta Api Indonesia Divre IV Tanjungkarang Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-9 Radar Lampung Online

Pemberian potongan ini bertujuan untuk menyempurnakan administrasi, memberikan kepastian hukum, kemudahan, dan pelayanan dalam pemberian pengurangan PBB. 

Penyempurnaan administrasi mencakup penyesuaian obyek pajak yang dapat menerima potongan PBB, penambahan saluran elektronik dalam pengajuan dan penyelesaian permohonan, serta pengaturan pemberian pengurangan PBB secara jabatan. 

Pemilik tanah dan bangunan diwajibkan membayar PBB paling lambat enam bulan setelah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT). 

Nah, Anda tak perlu pusing memikirkan cara bayar PBB. Sekarang Anda dapat membayar PBB langsung lewat BRImo. Dengan superapp PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI ini, kini Anda dapat melunasi PBB tanpa harus meluangkan waktu mengunjungi kantor pajak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: