Iklan Bos Aca Header Detail

Coklit di Metro Hampir Mencapai 70 Persen

Coklit di Metro Hampir Mencapai 70 Persen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menargetkan proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 rampung pada minggu ketiga Juli 2024.--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menargetkan proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 rampung pada minggu ketiga Juli 2024.

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama, melalui Kadiv Data dan Informasi (Datin) KPU, Ahmad Fatoni, mengatakan, target selesainya coklit tersebut di minggu ketiga Juli dengan persentase mencapai 100 persen.

"Minggu ketiga Juli ini untuk di Metro sudah bisa diselesaikan. Kalau prosesnya itu satu bulan, dari 24 Juni sampai 24 Juli," ujarnya.

Fatoni menuturkan, dari hasil coklit yang sudah berlangsung, tercatat sebanyak 85.992 warga pemilih di Bumi Sai Wawai telah dicoklit oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

BACA JUGA:Angka Kemiskinan Turun, Dinsos Terus Upayakan Capai Target

"Alhamdulillah, coklit di Metro berjalan dengan baik. Sampai saat ini, persentase jumlah warga yang sudah dicoklit itu mencapai sekitar 64,98 persen," ungkapnya.

Dikatakannya, dari hasil coklit yang sudah dilakukan, hasil coklit tertinggi ada di wilayah Kecamatan Metro Selatan dengan persentase 70,2 persen. Lalu, Kecamatan Metro Barat 65,2 persen, dan Kecamatan Metro Pusat 64,5 persen.

"Kemudian, Kecamatan Metro Utara 64,4 persen, serta Metro Timur sebesar 63,5 persen," imbuhnya.

Fatoni menuturkan, proses coklit di Bumi Sai Wawai berjalan dengan lancar tanpa kendala, sebab tidak ditemukan akses sulit. Namun, hanya sejumlah kendala yang dialami pantarlih, antara lain saat petugas pantarlih datang, pemilih belum bisa ditemui.

BACA JUGA:Tok! Pelaku Pemerkosa Tetangga Divonis 10 Tahun Denda Rp 500 Juta Rupiah

"Kalau kendala hanya umum saja ya, tidak ada yang berarti. Misalkan saat pantarlih datang, ternyata yang punya rumah belum bisa ditemui," ungkapnya.

Karena itu, tambahnya, pihaknya berharap, masyarakat bisa berpartisipasi untuk menyukseskan coklit menjelang Pilkada serentak 2024.

"Kita berharap masyarakat dapat ikut berperan aktif untuk menukseskan coklit ini. Dengan menyambut kedatangan petugas pantarlih di rumah masing- masing," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: