Iklan Bos Aca Header Detail

Faisal Alsy, Mahasiswa FH Unila Raih Juara 2 Essay Opinion Adigama Festival 2024

Faisal Alsy, Mahasiswa FH Unila Raih Juara 2 Essay Opinion Adigama Festival 2024

Faisal Alsy, Mahasiswa FH Unila Raih Juara 2 Essay Opinion Adigama Festival 2024. Foto Universitas Lampung--

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Faisal Alsy, Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila) meriah predikat juara 2 dalam kompetisi Essay Opinion, di Adigama Festival 2024.

Ini sebagai bukti bahwa FH Unila terus menunjukkan keunggulan dalam mencetak mahasiswa di bidang hukum.

Faisal Alsy, yang akrab disapa Alsy, menulis Essay berjudul "Penerapan Partisipasi Masyarakat yang bermakna (Meaningful Participation) dalam pembentukan peraturan perundang-undangan:Langkah membangun pilar demokrasi dan menjaga hak asasi manusia (HAM)".

BACA JUGA:Nah, Kejari Bakal Lidik TPP Lampung Selatan Rp 14,4 Miliar yang Melanggar Aturan

Dalam essay tersebut, Alsy membahas pentingnya partisipasi masyarakat bermakna dalam proses pembentukan peraturan di Indonesia, yang saat ini dinilai masih sebatas partisipasi formal tanpa kedalaman makna.

"Opini saya dilatarbelakangi permasalahan UU Cipta Kerja dan UU Kesehatan yang sempat menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah perlu memaksimalkan potensi untuk menerapkan meaningful participation secara efektif, salah satunya melalui konsep open parliament,"ucap Alsy 

Open parliament, menurut Alsy, adalah konsep keterbukaan parlemen yang melibatkan inovasi, publikasi, dan interaksi komunikatif dengan masyarakat secara luas. 

Alsy mengungkapkan, motivasinya mengikuti kompetisi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan diri, karena mahasiswa hukum harus pandai berbicara dan menulis.

BACA JUGA:BRI Dinobatkan Sebagai Bank Persero Dengan Kinerja Terbaik Pada Penghargaan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024

Sebagai pemimpin UKMF LWDC, Alsy juga ingin memberikan motivasi kepada rekan-rekannya di wadah yang membantunya mengembangkan diri. 

Meski di tengah kompetisi, Alsy harus mengejar penyelesaian skripsi dengan bimbingan dosen FH Unila. Ia melihat hal ini sebagai tantangan yang justru memacunya untuk berprestasi.

Pada tahap seleksi berkas, Alsy bersaing melawan tim dari universitas besar seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Tarumanagara. 

BACA JUGA:Marak Peredaran Oli Palsu, Begini Cara Mudah Mendeteksi Produk Ori Agar Kendaraan Tidak Rusak

Alsy berhasil maju ke babak semifinal dan melakukan presentasi yang membawanya meraih kemenangan untuk Unila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: