Iklan Bos Aca Header Detail

Kepala BPIP Sambut Kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Kalimantan Timur

Kepala BPIP Sambut Kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Kalimantan Timur

--

RADARLAMPUNG.CO.ID-Purnapaskibraka Duta Pancasila yang dibina oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) turut berperan dalam momen penting sejarah bangsa.

Mereka diberi tanggung jawab untuk membawa Duplikat Bendera Pusaka dari Cawan Monas, Jakarta, ke Istana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pada Sabtu, 10 Agustus, Kepala BPIP menyambut kedatangan Duplikat Bendera Pusaka serta Teks Proklamasi yang ditulis oleh Sayuti Melik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

BACA JUGA:1.775 Peserta Berhasil Lolos Tes SKD Sekolah Kedinasan 2024 di STIS, Cek Tahapan Selanjutnya

Duplikat tersebut dibawa dari Cawan Monas dan akan dikibarkan serta dibacakan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang di IKN Nusantara.

Empat anggota Purnapaskibraka Duta Pancasila yang membawa Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi adalah Kachina Ozora dari Kalimantan Tengah, Keyla Azzahra Purnama dari Sumatera Selatan, Lilly Indriani Suparman Wenda dari Papua Pegunungan, dan Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Banten.

BACA JUGA:Vivo Rilis Mid-Range Dalam Seri V40 SE 4G Dengan Snapdragon 685, Cek Penawaran Terbaru Agustus 2024

Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., menyatakan bahwa kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN merupakan simbol penghormatan atas sejarah dan perjuangan bangsa.

Selain itu, beliau menegaskan bahwa momen ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia.

Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP, Ir. Prakoso, yang bertanggung jawab atas Program Paskibraka, menuturkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan putra-putri terbaik bangsa untuk tampil pada 17 Agustus mendatang.

BACA JUGA:Tiga Wakapolda Masuk Daftar Mutasi Polri, Alumni Akpol 1991 Tukar Posisi Dengan Kakak Leting

Ini termasuk empat anggota Paskibraka pembawa baki pada tahun 2023 yang akan menjalankan tugas mengantarkan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke Istana di IKN.

Para anggota Paskibraka telah menjalani pelatihan fisik dan mental, mengingat kondisi di IKN berbeda dengan di Jakarta.

Prakoso juga menginformasikan bahwa Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 telah tiba di Balikpapan dan akan segera berangkat ke Nusantara untuk mengikuti sejumlah latihan gabungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: