RMD Header Detail

TIM PKM Prodi Sains Aktuaria Berikan Pelatihan Manajemen Laporan Keuangan di Desa Badran Sari

TIM PKM Prodi Sains Aktuaria Berikan Pelatihan Manajemen Laporan Keuangan di Desa Badran Sari

Program Studi Sains Aktuaria Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melaksanakan pengabdian kepada Masyarakat di Desa Badran Sari. Foto dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Program Studi Sains Aktuaria Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melaksanakan pengabdian kepada Masyarakat di Desa Badran Sari, Lampung Selatan, pada 2 September 2024.

Pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Badran Sari. 

Target pelatihan tersebut ditujukan kepada pelaku UMKM yang ada di desa. Dimana UMKM yang berada di Desa Badran Sari sangat beragam, antara lain usaha laundry, usaha snack olahan ikan, usaha sembako, catering dan lain lainnya. 

Dila Tirta Julianty, S.Si.,M.Si., selaku pemateri dalam pelatihan tersebut, memberikan pengetahuan terkait betapa pentingnya manajemen keuangan dalam UMKM, dan bagaimana cara menyusun laporan keuangan sederhana yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM itu sendiri.

Salah satu pelaku usaha UMKM, Suprihatin, berharap dengan adanya pelatihan tersebut, pelaku usaha dapat membuat laporan keuangan sederhana untuk usaha ataupun manajemen keuangan rumah tangga.

"Sehingga pelaku usaha mengetahui bahwa usaha yang dijalankan mendapatkan hasil yang jelas, mengenai keuntungan/kerugian," katanya.

Memahami laporan keuangan bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sangat penting karena memberikan mereka kesempatan untuk mengelola keuangan dengan lebih efektif.

Dengan memahami laporan keuangan, UMKM dapat mengidentifikasi sumber daya yang tersedia, memantau kinerja operasional, dan membuat keputusan strategis terkait investasi, pengeluaran, dan pendapatan.

Laporan keuangan juga membantu UMKM dalam mengukur kinerja usaha secara akurat, memprediksi arah bisnis, dan menghadapi tantangan keuangan yang mungkin timbul. 

Selain itu, memahami laporan keuangan juga memungkinkan UMKM untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam operasional bisnis. Dengan demikian, UMKM dapat lebih stabil dan berkembang secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: