RMD Header Detail

BMKG Sebut Gempa Bandung Hari Ini Disebabkan Aktivitas Sesar Garsela, Begini Penjelasannya

BMKG Sebut Gempa Bandung Hari Ini Disebabkan Aktivitas Sesar Garsela, Begini Penjelasannya

BMKG jelaskan penyebab gempa bumi di Bandung hari ini akibat aktivitas sesar garsela. FOTO TANGKAPAN LAYAR/INSTAGRAM @infobmkg--

Pihak BMKG menjelaskan bahwa berdasarkan analisis yang telah dilakukan, gempa bumi ini dipicu oleh aktivitas Sesar Garsela.

Sebagai informasi penting, Sesar Garsela atau Sesar Garut Selatan merupakan salah satu sesar aktif yang ada di wilayah Jawa Barat bagian selatan.

BACA JUGA:Penawaran Tablet Low Budget Terbaru Dalam Seri Realme Pad 2 Lite

BACA JUGA:Penawaran Tablet Low Budget Terbaru di Bulan September 2024 untuk Seri Infinix XPAD 4G

Sesar ini diketahui mempunyai struktur memanjang, sepanjang 42 kilometer dari wilayah selatan Garut sampai ke selatan Bandung.

Di wilayah ini terdapat dua segmen sesar Garsela yakni segmen Rakutai (bagian utara) sepanjang 19 kilometer.

Kemudian ada segmen Kencana (bagian selatan) sepanjang 17 kilometer.

Banyak orang awam mungkin tidak tahu bahwasannya baik segmen Rakutai maupun segmen Kencana di sesar Garsela ini disebut mempunyai aktivitas yang sama.

BACA JUGA:Daja House, Cafe Estetik di Bandar Lampung yang Cozy dan Menyenangkan, Lagi Ada Promo Lunch Serba Rp58 Ribu

BACA JUGA:Nongkrong Cantik di Cafe Hoffman Lane Suguhkan Ketenangan yang Bikin Suasana Ngobrol Bareng Bestie Lebih Asyik

Di mana aktivitas gempa yang terjadi di zona sesar Garsela dominan memiliki mekanisme yang sumbernya dari sesar geser (strike slip).

Sesar Garsela disebut sebagai sesar aktif, hal ini disebabkan sejak tahun 2008 lalu BMKG mencatat adanya kluster aktivitas kegempaan atau seismisitas di zona sesar ini.

Dalam hasil analisis yang dilakukan BMKG hari ini, mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun atau oblique normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: