RMD Header Detail

BMKG Sebut Gempa Bandung Hari Ini Disebabkan Aktivitas Sesar Garsela, Begini Penjelasannya

BMKG Sebut Gempa Bandung Hari Ini Disebabkan Aktivitas Sesar Garsela, Begini Penjelasannya

BMKG jelaskan penyebab gempa bumi di Bandung hari ini akibat aktivitas sesar garsela. FOTO TANGKAPAN LAYAR/INSTAGRAM @infobmkg--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG terkait gempa Bandung hari ini.

Kabar duka datang dari dalam tanah air, yang mana wilayah Garut dan Bandung diguncang gempa bumi yang disebabkan adanya aktivitas Sesar Garsela.

Gempa yang terjadi di Bandung hari ini, Rabu, 18 September 2024 terjadi dengan kekuatan 5.0 magnitudo dan disebut mengalami hingga 20 kali gempa susulan.

Adapun gempa susulan ini dirasakan di sejumlah daerah seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut.

BACA JUGA:16 Istilah Dalam Gempa Bumi yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Gempa Bumi Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Akibat gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung dan Garut, Provinsi Jawa Barat tersebut.

Sejumlah bangunan dilaporkan mengalami rusak parah dan 20 orang harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka ringan hingga luka berat.

Dampak dari guncangan gempa bumi ini juga membuat sekitar 11 perjalananan Kereta Api di DAOP 2 Bandung terpaksa dihentikan sementara.

Bencana alam gempa bumi yang terjadi di dua wilayah tersebut berada di lokasi 7.19 lintang Selatan dan 107.67 bujur timur.

BACA JUGA:Begini Cara Download Kartu Ujian SKD CPNS 2024 Lengkap Dokumen Wajib Lainnya

BACA JUGA:Pengajuan Sanggah CPNS Kemenag 2024 Dimulai , Ini Cara Sekaligus Ketentuannya

Atau tepatnya dengan jarak sekitar 24 kilometer dari arah Tenggara wilayah Kabupaten Bandung.

Dalam peristiwa ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: