Jelang hari ulang tahun Provinsi Lampung ke-59 pada 18 Maret 2023, Pemprov Lampung menggelar sejumlah kegiatan

Jelang hari ulang tahun Provinsi Lampung ke-59 pada 18 Maret 2023, Pemprov Lampung menggelar sejumlah kegiatan

Jelang hari ulang tahun Provinsi Lampung ke-59 pada 18 Maret 2023, Pemprov Lampung menggelar sejumlah kegiatan--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Jelang hari ulang tahun Provinsi Lampung ke-59 pada 18 Maret 2023, Pemprov Lampung menggelar sejumlah kegiatan.

Salah satunya ialah upacara Peringatan HUT ke-59 Provinsi Lampung yang digelar di lapangan Kopri Pemprov Lampung dan upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Provinsi Lampung pada Jumat 17 Maret 2023.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang menjadi inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan Provinsi Lampung dibentuk dengan dasar ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 1964 yang kemudian menjadi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1964. 

Pada awal pembentukan Lampung dibagi menjadi 4 wilayah administrasi, yaitu Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Selatan, dan Kotapraja Tanjungkarang-Telukbetung. Sampai dengan saat ini, Provinsi Lampung terbagi ke dalam 15 Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:Bank Artha Graha Internasional Lampung Tidak Dirampok

Pada peringatan Ulang Tahun Provinsi Lampung tahun ini mengangkat tema Lampung Bersinergi, Lampung Berprestasi, dengan harapan agar kedepan seluruh elemen masyarakat Lampung dapat terus bersinergi hidup berdampingan dengan rukun dan damai, sehingga dapat bersama-sama untuk terus mengukir prestasi demi kesejahteraan masyarakat menuju Lampung maju dan berjaya.

"Saya berterimakasih kepada seluruh anggota Fokorpimda karena sudah terbangun hubungan harmonis di Provinsi Lampung. Hal tersebut terbukti dengan  Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung dengan  meraih angka kinerja 72,44 diatas angka KUB nasional yaitu 72,39 yang mengindikasikan bahwa kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung saat ini dalam kondisi yang baik dimana tercipta kondisi yang aman dan rukun," ujar Arinal.

Yang kedua yakni Nilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Lampung saat ini menempati peringkat ke-8 (kategori tinggi) dari 38 Provinsi se-Indonesia dengan capaian angka 80,18 yang menandakan bahwa demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik di Provinsi Lampung.

Kemudian Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Provinsi Lampung juga berhasil melampaui capaian nasional dengan angka 53,19 dimana capaian nasional adalah sebesar 51,90, hal ini menjadi gambaran kemajuan pembangunan kebudayaan di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Perampokan di BPR Artha Kedaton, Tiga Orang Alami Luka Tembak, Pelaku Diamankan

Menurut Gubernur, usia ke-59 dapat memiliki makna yang penting karena menunjukkan bahwa Provinsi Lampung telah berusia cukup matang dan memiliki sejarah yang panjang dalam membangun dan mengembangkan wilayahnya.

Oleh karena itu Provinsi Lampung diharapkan telah memiliki pondasi yang kuat dalam hal infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

"Selain itu, HUT ke-59 juga dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama ini, serta merumuskan rencana strategis untuk mengatasi masalah dan mempercepat pembangunan di masa yang akan datang," tambahnya.

Lebih jauh, menurut Gubernur, perayaan HUT Ke-59 juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan identitas masyarakat Lampung, serta membangkitkan semangat kebanggaan dan cinta akan tanah kelahiran, acara perayaan dapat menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan aktivitas pariwisata dan promosi budaya lokal serta promosi UMKM Produk Unggulan Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: