Mengejutkan, MUI Temukan Indikasi Keterkaitan Ponpes Al Zaytun Dengan NII KW IX Sejak 2002

Mengejutkan, MUI Temukan Indikasi Keterkaitan Ponpes Al Zaytun Dengan NII KW IX Sejak 2002

Tim peneliti MUI mendapati fakta bahwa Ponpes Al Zaytun terindikasi terkait dengan Negara Islam Indonesia KW IX. FOTO NET --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kontroversi di Pondok Pesantren Al Zaytun sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Ini ditemukan oleh tim khusus Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Banyak kehebohan yang terjadi di ponpes pimpinan Panji Gumilang ini.

Mulai dari pelaksanaan salat Idul Fitri dengan jemaah tercampur, salam yahudi hingga perempuan menjadi khatib salat Jumat. 

Sementara tim peneliti khusus Majelis Ulama Indonesia bekerja bulan untuk mengungkap sejumlah fakta dan temuan terkait Ponpes Al Zaytun sejak 2002.

BACA JUGA: Soal Ajakan Salam Yahudi di Ponpes Al Zaytun, Lucky Hakim Beri Komentar Begini

Berdasar hasil kerja tim khusus MUI selama empat bulan, ada temuan terkait doktrin ajaran, afiliasi kelembagaan dan konsep keagamaan Ponpes Al Zaytun.

Berikut beberapa fakta yang ditemukan tim khusus Majelis Ulama Indonesia pada 2002, sebagaimana dilansir dari mui.or.id, Rabu 10 Mei 2023.

- Ada indikasi relasi dan afiliasi antara Ponpes Al Zaytun dengan organisasi NII KW IX. Baik berupa hubungan yang bersifat historis, finansial atau kepemimpinan

- Ada temuan penyimpangan paham dan ajaran Islam yang dipraktikkan organisasi NII KW IX. Antara lain mobilisasi dana yang mengatasnamanakan ajaran Islam dan diselewengkan. 

BACA JUGA: Salam yang Diucapkan Pimpinan Ponpes Al Zaytun Ternyata Lagu Ritual Yahudi

Kemudian penafsiran ayat-ayat Al Quran yang menyimpang serta mengkafirkan kelompok di luar organisasi. 

- Ada temuan dugaan penyimpangan paham keagamaan dalam masalah zakat fitrah dan kurban yang diterapkan pimpinan Ponpes Al Zaytun. Ini sebagaimana termuat dalam majalah Al Zaytun.

- Persoalan Ponpes Al Zaytun ini berada pada aspek kepemimpinan yang kontroversial dan memiliki kedekatan dengan organisasi NII KW IX

- Terdapat indikasi keterkaitan sebagian koordinator wilayah yang memiliki tugas sebagai tempat rekrutmen santri Ponpes Al Zaytun dengan organisasi NII KW IX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: