Ada Oknum Janjikan Bantuan? Catat, Rekam, Laporkan!

Sabtu 18-09-2021,10:55 WIB
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Dewi Handajani diwakili Asisten III Bidang Administrasi Jonsen Vanisa membuka secara resmi pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS hari pertama, Sabtu ( 18/9). Tes dengan metode computer assisted test (CAT) tersebut bertempat di SMK Yadika Pringsewu.

Dalam pengarahannya di hadapan  peserta tes, Jonsen Vanisa didampingi anggota Panselnas Suharto, Kepala BKPSDM Tanggamus Aan Derajat serta para kepala dinas mengatakan, SKD yang dilaksanakan tersebut tidak dipungut biaya dan bebas dari KKN.

\"Jadi, kalau ada oknum yang menjanjikan bapak, ibu bisa dibantu, bisa diterima, tolong catat namanya dan rekam wajahnya. Laporkan kepada pihak yang berwajib, dalam hal ini polisi,\" kata Jonsen Vanisa.

Jonsen menegaskan, tidak ada yang dapat menjanjikan. Tidak ada yang seperti itu. \"Pada saat enter terakhir mengerjakan soal, bapak ibu langsung dapat melihat nilai hasil tes,\" sebut dia.

Dilanjutkan, tidak satu orangpun yang bisa merubah nilai tersebut. \"Itulah transparansinya. Jadi tidak ada yang bisa main6main,\" terang Jonsen.

Lebih jauh Jonsen mengungkapkan, tes SKD hari ini bobot nilainya 40 persen. Jika lulus, peserta akan mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) dengan bobot nilainya 60 persen.

Kepada peserta, Jonsen berpesan agar mengerjakan soal dengan tenang dan sebaik-baiknya.

Untuk mencegah adanya perjokian, panitia menerapkan registrasi wajah. Peserta diharuskan membuka masker. \"Jika ada wajah peserta tidak sama dengan yang tertera dalam komputer, maka bapak ibu akan dimintai keterangan secara khusus. Jika terbukti (perjokian), ada pidananya,\" tandasnya.

Sementara Kepala BKPSDM Tanggamus Aan Derajat menambahkan, tes setiap sesi diikuti 125 peserta yang dibagi dalam empat ruangan. Tes berlangsung hingga 25 September mendatang.

Pelaksanaan tes menerapkan protokol kesehatan ketat. Setelah semua memenuhi syarat, sebelum masuk, peserta ditempatkan di ruang steril.

\"Di sini peserta dapat menyaksikan tata cara CAT yang ditayangkan melalui video. Setelah itu usai, baru masuk ruang tes,\" terang Aan Derajat.

Salah seorang Panitia Seleksi Nasional ( Panselnas) Suharto ketika dikonfirmasi Radarlampung.co.id mengatakan, hasil penilaian Panselnas, pelaksanaan tes bagus. Demikian juga sarana dan prasarananya. Semua telah memadai dan memenuhi syarat. (ehl/ais)

Asisten III Jonsen Vanisa didampingi anggota Panselnas Suharto, Kepala BKPSDM Tanggamus Aan Derajat  membuka secara resmi pelaksanaan tes CPNS Tanggamus. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID

Tags :
Kategori :

Terkait