Perekaman E-KTP 119 Persen, Pesawaran Jadi Kabupaten GISA

Jumat 10-09-2021,08:00 WIB
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesawaran menempati peringkat empat besar nasional dalam cakupan perekaman KTP elektronik hingga 119 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesawaran Ketut Partayasa mengatakan, kabupaten berjuluk Andan Jejama ini menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota sebagai Dukcapil yang siap terpusat.

\"Alhamdulillah, Disdukcapil Pesawaran ditunjuk pemerintah pusat sebagai Dukcapil siap terpusat. Artinya akses langsung ke server pusat, tidak melalui server kita lagi. Cukup 15 menit untuk pelayanan KTP elektronik. Langsung jadi. Selain kita, Kota Metro juga menjadi percontohan,\" kata Ketut Partayasa.

Ketut mengungkapkan, untuk ketersediaan blanko KTO sebanyak 11 ribu keping dan diperkirakan mencukupi hingga April 2022 mendatang.

Di mana, cakupan perekaman KTP mencapai 119 persen. Sudah tidak ditemukan lagi warga berusia 17 tahun wajib KTP yang belum perekaman.

\"Artinya, 19 persen adalah anak-anak yang 17 tahun kurang dua bulan. Tinggal siap cetak atau print ready record. Mengapa belum cetak, karena belum genap 17 tahun,\" ucapnya.

Dilanjutkan, dengan cakupan perekaman KTP elektronik mencapai 119 persen, Pesawaran didaulat sebagai kabupaten  Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

\"Perekaman ini langsung connecting ke server pusat. Makanya kita bertambah gencar dan semangat dalam memberikan pelayanan. Selain itu cakupan Kartu Identitas Anak (KIA) sudah mencapai sekitar 98 persen,\" pungkasnya. (ozi/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait