Gubernur Kenang Subki E. Harun Sebagai Sosok Teladan

Sabtu 11-07-2020,13:51 WIB
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, mengikuti prosesi pelepasan jenazah Almarhum Drs. H. Subki E. Harun bin Elias Harun mantan Wakil Gubernur Lampung periode 1980-1990.

Almarhum meninggalkan satu istri dan ketiga orang anak. Diketahui Almarhum meninggal karena menderita Kanker di RSUD Amdoel Moeloek pada pukul 21.40 WIB, Jumat (10/7).

Alm. Subki Harun lahir di Way Umpu, Kabupaten Way Kanan pada  24 Mei 1937. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 ekonomi di Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia merupakan putra daerah Lampung yang ikut merintis pembangunan penting di Lampung. Antara lain Bank Pembangunan Daerah (BPD) Lampung yang kemudian menjadi Bank Lampung.

Selain Arinal, terlihat Mantan Wakil Gubernur Lampung, Bakhtiar Basri dan beberapa pejabat Pemprov Lampung turut hadir dalam proses pemakaman di Jalan Kaca Piring No. 6, Rawalaut, Enggal, Bandarlampung, Sabtu (11/7).

Prosesi dilakukan dengan penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke Pemerintah Provinsi Lampung. Kemudian dilakukan prosesi pemakaman keluarga di Jalan Perwira Rajabasa, Bandarlampung. Almarhum dimakamkan di lokasi yang sama dengan Almarhumah istinya.

Sebelum ke pemakaman, almarhum disalatkan di Masjid Al Amin di Jalan Cendana No. 15 Rawalaut, Enggal, Bandarlampung.

Bagi Arinal Djunaidi, Almarhum merupakan sosok tauladan. Birokrat yang meniti karirnya dari bawah. Tidak hanya sebagai sekretaris daerah Provinsi Lampung, tetapi juga sebagai wakil gubernur. Dalam meniti karir, tentu tidaklah mudah. Diperlukan kekuatan iman didalam kerja. Karena, ini sebagai pengabdian.

\"Jadi kalau dia tidak tulus dan jujur dalam tindakannya, maka dalam perjalanan, karirnya juga akan berpengaruh,\" kata Arinal, kepada Radar Lampung.

Dalam perjalanan karirnya itu, sosok Alm. Subki menjadi sosok tauladan yang diikuti oleh Arinal Djunaidi. Dengan demikain, Arinal justru lebih dapat meraih karir lebih dari sosok Alm. Subki, yakni menjadi seorang pebisnis, sekda, hingga menjadi Gubernur Lampung.

\"Beliau ditingkat wakil gubernur dan saya menjadi gubernur. Namun, ini tak terlepas dari pembinaan. Dan orang dalam membina belum tentu diikuti. Nah, ini yang harus kita sampaikan. Pembinaan dapat dihayati, dia merasa dibina, dan dia harus mampu melampauinya tentu yang terbaik,\" ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Arinal menyampaikan duka cita yang mendalam. Dia pun merasa kehilangan sosok almarhum. Namun, orang nomor satu di Provinsi Lampung ini mengaku, hal itu tentu telah menjadi takdirnya dari Allah SWT.

\"Saya mengajak bersama-sama mendoakan almarhum dapat diterima disisi Allah SWT, sekaligus bisa mengikuti ketauladanan Alm. Subki,\" ucapnya. (apr/yud)

Biodata Almarhum Subki E. Harun Wakil Gubernur Lampung 1980-1990, Anggota DPR RI/MPR RI 1992-1999

Nama : Drs. H. Subki Elias Harun Kelahiran : Belambangan Umpu, 24 Mei 1937 Istri : Herminah Keluarga : Tiga anak dengan tujuh cucu

Pendidikan: 1. SR (Sekolah Rakyat) Blambangan, Way Umpu, Way Kanan 2. SMP Kotabumi, Lampung Utara 3. SMP Pendidikan Angkatan Muda, Budi Utomo, Jakarta 4. SPMA (Sekolah Pertanian Menengah Atas) Bogor 5. SMEA (Sekolah Mengengah Ekonomi Atas) Negeri 11 Jakarta 6. S-1 Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Organisasi dan prestasi: 1. Kepala Seksi Pendidikan dan Kepengurusan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) UGM 2. Komisaris Tingkat Fakultas Ekonomi UGM 3. Pengurus KMSS (Keluarga Mahasiswa Sumatera Selatan) Cabang Lampung 4. Ketua KPL (Keluarga Pelajar Lampung) 5. Dosen merangkap Wakil Dekan Univeristas Sriwijaya Cabang Lampung (cikal bakal Unila) 6. Ketua Presedium Universitas Sriwijaya Cabang Lampung 7. Kepala Biro Perekonomian Pemprov Lampung 8. Pengagas dan perancang proposal 10 kabupaten dan kota madya Provinsi Lampung 9. Perintis dan Direktur BPD (Bank Pembangunan Daerah) Lampung (cikal bakal Bank Lampung) 10. Asisten II Gubernur Lampung (era Gubernur Sutiyoso) 11. Kepala Dinas Pendapatan Daerah (era Gubernur Sutiyoso) 12. Pejabat Sementara Bupati Lampung Selatan dan Lampung Tengah (era gubernur Sutiyoso) 13. Sekda Provinsi Lampung (era Gubernur Sutiyoso dan Yasir Hadibroto) 14. Wakil Gubernur Provinsi Lampung (era Gubernur Yasir Hadibroto dan Poejono Pranyoto). 15. Anggota DPR RI (dua periode: 1992-1997 dan 1997-1999) 16. Penggagas dan fasilitaor pembangunan objek vital Lampung (Dermaga Bakaheuni, Stadion Pahoman, GOR Saburai Enggal, Bank Bukopin Lampung, Universitas Lampung, Islamic Center, by pass Bakaheuni-Panjang-Natar-Sukarame. 17. Pembangun dan Pembina Yayasan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dan Yayasan Padang Golf Sukarame.

Tags :
Kategori :

Terkait