Siapkan Puluhan Hektare, Begini Kondisi Lahan Calon Pelabuhan di Mesuji

Minggu 17-07-2022,19:11 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Dina Puspa

MESUJI, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji telah menyiapkan lahan puluhan hektare di Desa Sungai Sidang, Kecamatan Rawajitu Utara, yang ingin dijadikan Pelabuhan Regional di Kabupaten Mesuji.  

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji Budiman Nainggolan, Minggu 17 Juli 2022. Menurut Budiman Nainggolan, Pemerintah Provinsi Lampung telah memproyeksikan pembangunan Dermaga Pelabuhan di Kabupaten Mesuji Sebagai transportasi logistik antar provinsi.

Sebab, merujuk pada perencanaan pembangunan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Desa Sungai Sidang masuk kawasan strategis nasional. Sehingga potensi pembangunan Dermaga Pelabuhan berada di Desa Sungai Sidang. 

Sehingga lokasi dan luas lahannya sudah tersedia. "Baik itu yang diminta bapak gubernur 10 hektare lahan, kami sendiri untuk di Desa Sungai Sidang sudah ada lahan dari Pemkab Mesuji," terangnya. 

BACA JUGA:Pemilu Masih Lama, Tapi Tak Ada Salahnya Anda Cek Daftar Pemilih

Begitu pula mengenai kajian kedalaman sungai di daerah tersebut. Menurutnya, kedalaman di daerah tersebut telah melebihi 10-13 meter. Hanya saja terdapat wilayah yang dangkal di dekat muara. Itu pun sebenarnya tetap bisa dilewati kapal muatan 2 ribu ton. "Asalkan dalam kondisi pasang," jelasnya melalui telepon.

Sebelumnya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi optimis akan menjadikan Pelabuhan di Mesuji seperti di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung. Hal tersebut disampaikannya saat kegiatan silaturahmi gubernur Lampung bersama Kepala OPD Kabupaten Mesuji, Sabtu 16 Juli 2022. 

Silaturahmi sekaligus kegiatan Pengajian Akbar di Gedung Serba Guna (GSG) Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati). "Jadi saya ingin jadikan Kabupaten Mesuji ini punya pelabuhan setingkat Pelabuhan Panjang," ujarnya. 

Menurutnya, hal tersebut telah disampaikan bersama Kementerian Perhubungan dan Kabupaten Mesuji memiliki peluang tersebut. Namun, cita-cita besar tersebut harus didukung bersama baik dari Pemerintah Daerah maupun masyarakat. 

BACA JUGA:Berkas Perkara Penipuan dan Pemerasan Ruko Pasar Kamis Dilimpahkan ke JPU

Kemudian, orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Lampung itu mengatakan bahwa untuk dapat membuat Pelabuhan di Kabupaten Mesuji setara dengan Pelabuhan Panjang, pihaknya memerlukan lahan pelabuhan dengan kedalaman 10-13 meter. Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Perhubungan. 

Lalu, memerlukan lahan untuk Pelabuhan seluar 10 hektare. Sehingga dengan adanya Pelabuhan di Kabupaten Mesuji ini nantinya diharapakan akan bersekala nasional.  Yang berdampak bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mesuji. (*)

 

 

Kategori :