Tingkatkan Efisiensi dan Keselamatan, Robot Anjing Menjadi Karyawan di Bandara Heathrow London

Kamis 08-12-2022,19:14 WIB
Reporter : Ajeng Monika Selis
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID –Tengah ramai diperbincangkan di jagat maya, usai beredarnya sebuah video yang menampilkan robot anjing yang dijadikan sebagai karyawan di bandara.

Robot anjing yang menjadi karyawan di Bandara Heathrow London, Inggris bahkan robot tersebut ternyata memiliki nama yakni Dave.

Dave merupakan robot pekerja yang dikembangkan oleh Boston Dynamics, sebuah perusahaan teknik dan robot asal Amerika Serikat dan sedang dalam masa uji coba kemitraan dengan perusahaan konstruksi Mace.

Robot anjing Dave memiliki peran dalam memberikan pemindaian laser 3D dari perbaikan terowongan kargo yang dibangun tahun 1960an, yang saat ini sedang berlangsung di Bandara Heathrow London, Inggris.

BACA JUGA:YouTube Resmi Hadirkan Shorts di Smart TV, Berikan Pengalaman Akses Kontrol Pakai Remot

Dilansir Radarlampung.co.id dari laman informasi Metro pada Kamis, 8 Desember 2022. Kepala Eksekutif Mace, Mark Reynolds mengatakan bahwa pengelanan robot anjing Dave di Bandara Heathrow merupakan salah satu demonstrasi fantastis masa depan di industri teknik dan robot.

“Pengenalan rekan robot kami, Dave di Heathrow adalah sebagai demonstrasi fantastis untuk masa depan industri kami,” kata Kepala Eksekutif Mace, Mark Reynolds.

Pengenalan robot anjing Dave memang dikatakan tidak bisa menggantikan peran manusia dalam suatu konstruksi, namun uji coba yang dilakukan terhadap robot anjing Dave disebut menunjukkan potensi dari robot tersebut untuk mendorong efisiensi.

Dorongan efisiensi yang ditunjukkan dalam potensi robot anjing Dave itulah yang  akan menjadi potensi lebih besar, mencatat rekor secara digital hingga meningkatkan keselamatan dan pengiriman.

BACA JUGA:Biodata Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Pintar Merakit Bom

Robot tidak akan pernah menggantikan manusia dalam konstruksi, tetapi uji coba ini menunjukkan bagaimana robot memiliki potensi untuk mendorong efisiensi yang lebih besar, mencatat rekor secara digital dan meningkatkan keselamatan dan pengiriman,”imbuh Reynolds.

Robot anjing Dave memungkinkan tim proyek untuk meningkatkan keselamatan kerja dengan mengurangi perjalanan dan kecelakaan kerja, terutama di lokasi yang dinilai  berbahaya, gelap, atau licin sambil mengambil data dengan cepat dari lokasi pembangunan.

Data yang diambil oleh robot anjing Dave, nantinya akan digunakan dengan model 3D dan augmented reality untuk melacak keakuratan dan kemajuan pekerjaan renovasi untuk membuat terowongan.

Selain itu, data tersebut juga bisa digunakan untuk mengangkut bagasi dan kargo sesuai dengan peraturan baru dari pihak terkait.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Pantai Dekat Dengan Pusat Kota Bandar Lampung, Nomor 2 Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan

Kategori :