5 Fakta Tentang Kerajan Skala Brak, Asal Usul Orang Lampung

Selasa 13-06-2023,05:00 WIB
Reporter : MBKM 2
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sampai saat ini kerajaan Skala Brak tercatat sebagai salah satu asal muasal masyarakat Lampung atau yang biasa disebut Ulun Lampung. Asal usul Ulun Lampung tentunya menarik dan membuat banyak orang bertanya-tanya.

Tentunya bagi anda yang masih penasaran ingin mengetahui lebih jauh tentang Kerajaan Skala Brak, radarlampung.co.id telah mernagkum informasi atau penjelasan fakta di bawah ini.

1. Lokasi Tempat Kerajaan

Diketahui kerajaan ini didirikan oleh suku Tumi pada abad ke-3 Masehi. Walaupun pusat kerajaan ini berada di lereng Gunung Pesagi yang berada di dekat Danau Ranau, lebih tepatnya di wilayah Lampung Barat.

BACA JUGA:7 Amalan di Pagi Hari Pembuka Pintu Rezeki, Nomor 6 Sering Dilupakan

Sekala Brak itu kemudian menyebar ke setiap pelosok sehingga menyebabkan masyarakat Lampung menyebar ke daerah lain di luar daerah Lampung. 

Sekala Brak, menyebar ke segala penjuru, muncul setelah aliran sungai atau jalan. Misalnya dari Way Komering dan Way Kanan ke Way Semangka dan juga Way Seputih.

Selain itu, mereka juga mengikuti aliran Way Sekampung dan Way Tulang Bawang serta anak-anak sungainya, sehingga Kotamadya Sekala Brak menyebar kemana-mana.

2. Awalnya Pengikut Agama Hindu

Asal Usul Orang Lampung Prasasti Kerajaan Sekala Brak Lampung. Diketahui bahwa pada abad ke-1 Masehi rupanya agama hindu datang ke lampung. 

BACA JUGA:Viral Tempat Wisata Jukung Vietnam Resto di Di Geruduk Warga, Cek Faktanya !

Kedatangan agama Hindu menyebabkan kerajaan Sekala Brak dan kemudian seluruh masyarakat Tumi memeluk agama Hindu.

Meskipun demikian di masa lalu dan sebelum masuknya agama Hindu, masyarakat Tumi tetap berpegang pada ajaran nenek moyang mereka.

3. Ikut Melakukan Penyebaran Agama Islam

Pada abad ke-16, empat pangeran rupanya datang dari Paguruyung dengan maksud menyebarkan Islam. 

Kategori :