Bank Mandiri Mengedukasi Pengelolaan Sampah dan Kampanye Kebersihan di Ajang FIFA Match Day

Kamis 15-06-2023,16:18 WIB
Reporter : Widisandika Budiman
Editor : Widisandika Budiman

RADARLAMPUNG.CO.ID- Bank Mandiri terus berkomitmen untuk menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Bank Mandiri memberikan edukasi kepada 50 UMKM yang merupakan binaan Rumah BUMN (RB) Surabaya mengenai pengelolaan sampah yang bijak. Selanjutnya, dilakukan aksi bersih-bersih di Stadion Gelora Bung Tomo menjelang pertandingan FIFA Match Day antara Indonesia dan Palestina.

Dalam program edukasi yang diberi judul Workshop Kelola Sampah, tiga Alumni Wirausaha Muda Mandiri (WMM).

Yakni Dimas Teguh Prasetyo sebagai Project Manager Greeneration Foundation, Syukriyatun Niamah sebagai Founder Robries, dan Arief Susanto sebagai CEO Dus Duk Duk, berbagi motivasi dan pengalaman dalam membangun bisnis dari pengelolaan sampah.

Sementara itu, aksi bersih stadion yang mengusung tema Match Day Clean Up melibatkan lebih dari 100 relawan yang merupakan binaan Greeneration Foundation dan juga masyarakat setempat.

Rudi As Aturridha, Corporate Secretary Bank Mandiri, menjelaskan bahwa kegiatan dalam program TJSL ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan dalam mengurangi emisi karbon dan memperkenalkan potensi usaha baru melalui pengelolaan sampah yang bijak.

"Dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan fokus pada environment, social, dan governance (ESG), kami berupaya melibatkan masyarakat dalam jumlah yang besar agar memiliki dampak yang signifikan, terutama pelaku UMKM. Hal ini penting mengingat UMKM merupakan salah satu pilar utama perekonomian Indonesia," ujar Rudi di Surabaya, Rabu 14 Juni 2023.

Rudi melanjutkan, Bank Mandiri berharap kegiatan ini dapat mencapai tiga tujuan utama. Pertama, meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang praktik pengelolaan sampah yang bijak.

Kedua, meningkatkan niat masyarakat untuk melakukan praktik pengelolaan sampah yang bijak di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing. Ketiga, berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon yang terjadi di lingkungan melalui praktik pengelolaan sampah yang bijak. Rudi menyatakan bahwa Bank Mandiri berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan aktif dalam upaya mitigasi perubahan iklim.

"Melalui kegiatan edukasi dan aksi bersih stadion ini, Bank Mandiri berharap dapat menginspirasi pemangku kepentingan lainnya serta memberdayakan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya adalah dengan mengubah perilaku penonton sepakbola agar lebih disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya dalam setiap kegiatan, termasuk acara-acara besar. Semoga kegiatan kecil ini juga dapat memicu aksi yang lebih besar dalam upaya pengurangan emisi karbon di lingkungan," pungkas Rudi. (*)

Kategori :