Universitas Teknokrat Indonesia Taken MoU dengan Polinela

Minggu 14-07-2024,23:43 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) bekerjasama dengan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dalam Implementing Agreement (IA) antara Program Studi S1 Teknik Komputer UTI dengan Program Studi S1-Terapan Teknologi Perbenihan Polinela.

Jalinan kerja sama tersebut ditandai dengan acara yang berlangsung pada hari Kamis-Jumat, 11-12 Juli 2024 di Hotel Golden Tulip Springhill Lampung.

Kerjasama tersebut difokuskan pada implementasi teknologi Internet of Things (IoT) untuk menanam melon premium hidroponik indoor.

Teknologi IoT yang diterapkan dalam proyek ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penanaman melon, serta menghasilkan buah dengan kualitas terbaik.

BACA JUGA:Pengelolaan Pinjam Pakai Kendaraan Pemkab Lampung Selatan Tak Sesuai Prosedur, 5 Randis Hilang

Ketua Program Studi S1 Teknik Komputer UTI Styawati, S.T., M.Cs., menjelaskan, penerapan teknologi IoT dalam pertanian hidroponik memungkinkan pemantauan dan pengelolaan lingkungan tumbuh tanaman secara real-time.

"Dengan sensor dan perangkat IoT yang terintegrasi, kami dapat mengatur kondisi lingkungan secara optimal untuk memastikan pertumbuhan melon yang maksimal," ujarnya. 

Ketua Program Studi S1-Terapan Teknologi Perbenihan Polinela Dr. Anung Wahyudi, S.P., M.Sc., menyatakan, kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam pengembangan teknologi pertanian di Indonesia.

"Kerjasama ini membuka peluang baru bagi kami untuk mengembangkan metode penanaman yang lebih efisien dan produktif, memanfaatkan teknologi IoT yang dikembangkan oleh UTI," katanya.

BACA JUGA:Satgas Pangan Gerebek 9 Titik Usaha di Pasar Unit 2 Tulang Bawang, Ini Hasilnya

Penandatanganan MoU dan IA ini menunjukkan komitmen kedua institusi dalam memajukan pendidikan dan penelitian di bidang teknologi dan pertanian.

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf SE., MBA., menyatakan bahwa kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen UTI untuk selalu berada di garis depan dalam inovasi teknologi dan pendidikan.

"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui penelitian dan pengembangan teknologi," ungkapnya.

BACA JUGA:Kawanan Bajing Loncat Gasak 5 Karung Biji Kopi Senilai 30 Juta di Bandar Lampung Ditangkap Polisi

Kategori :