Pemkab Tanggamus Usulkan Pembangunan 4 Pelabuhan Angkutan Barang dan Orang di Kawasan Pesisir

Kamis 18-07-2024,12:48 WIB
Reporter : Edi Herliansyah
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perhubungan Tanggamus, Lampung mengusulkan pembangunan empat pelabuhan angkutan barang dan orang ke Kementerian Perhubungan.

Usulan tersebut merupakan salah satu solusi untuk memudahkan dan membantu masyarakat yang berada di pesisir Teluk Semaka Kecamatan Pematang Sawa dalam aktivitas mengangkut dan menurunkan hasil bumi.

Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Laut Dinas Perhubungan Tanggamus Rico Valiandra mengatakan, ada empat pembangunan pelabuhan yang diusulkan ke Kementerian Perhubungan. 

Terdiri dari Pelabuhan Karang Berak, Pelabuhan Tampang Muda, Pelabuhan Way Asahan dan Pelabuhan Martanda.

BACA JUGA:Percepat Pengoperasian Dermaga Batu Balai, Dirjen dan Direktur Perhubungan Laut Bakal Kunjungi Tanggamus

"Empat pelabuhan itu berada diwilayah Pesisir Kecamatan Pematang Sawa," kata Rico mewakili Kepala Dinas Perhubungan Tanggamus, Lampung Jonsen Vanesa 

Rico menuturkan, lokasi pembangunan pelabuhan angkutan barang dan orang yang diusulkan ini berada di lahan hibah masyarakat. 

"Artinya, untuk lokasi pembangunan pelabuhan telah ada hibah lahan dari masyarakat yang disampaikan ke Pemkab Tanggamus," urainya. 

Terkait rencana pembangunan empat pelabuhan tersebut ditindaklanjuti dengan pembuatan usulan Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN) yang telah disampaikan ke provinsi.

BACA JUGA:Rugikan Negara Rp 1 Miliar Lebih, Kejati Tahan 2 Orang Tersangka Kasus Jasa Konsultasi Fiktif di Lampung Utara

"Selanjutnya Dinas Perhubungan Provinsi mengusulkan Ke Kementerian Perhubungan," kata dia.

Lebih jauh Rico Valiandra mengungkapkan, dalam waktu dekat akan digelar pertemuan dengan pihak pekon untuk membahas terkait lahan hibah. 

Nantinya akan ditingkatkan ke akta notaris sekaligus dilakukan pematokan pada lahan lokasi pelabuhan tersebut. 

"Mudah-mudahan usulan ini mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan," pungkasnya. 

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Makan Beragam Menu Mie Mulai Rp5 Ribuan, Cek Lokasi Mie Goceng Lampung

Kategori :