Akhirnya, Anak Pengidap Tumor Mata di Mesuji Mendapatkan Bantuan

Senin 29-07-2024,20:31 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID - Setelah mengidap penyakit tumor mata tahunan, akhirnya anak bernama Rafi Khoiril Azzam (9) warga RT 006 RW 002, Desa Sinar Laga, Kecamatan Tanjung Raya, mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos-RI).

Bantuan terhadap anak pengidap tumor pada rongga mata tersebut disalurkan dari Kemensos-RI melalui Setra Wyata Guna Bandung.

Kepada Rafi, bantuan yang diberikan adalah kebutuhan dasar, nutrisi, dan sejumlah uang sebesar Rp1,5 juta akomodasi untuk melakukan kontrol di Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Bandar Lampung.

Diketahui, Rafi terlahir dari pasangan Purwanto dan Painem, sejak berusia 2 tahun sang anak mempunyai benjolan kecil di bagian dahi. 

BACA JUGA:Waspada! Bencana Longsor dan Pohon Tumbang Lumpuhkan Ruas Jalan Baturbrak - Belalau

BACA JUGA:Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Melayat dan Salurkan Santunan Uang Duka Kepada Korban Kecelakaan Kerja

Karena dianggap benjolan tersebut adalah benjolan biasa, maka hanya dibiarkan saja tanpa dilakukan pemeriksaan ke medis.

Setelah lama, benjolan itu justru pindah dan malah menutupi pelupuk mata sebelah kiri Rafi sampai mengeluarkan air mata.

Karena kondisi tersebut, Rafi di bawa ke medis dan di diagnosa ternyata adalah penyakit kista/tumor di pelupuk mata sebelah kiri.

Sedangkan, orang tua Rafi yang hanya bekerja sebagai buruh tani secara ekonomi tidak mampu untuk membawa putranya itu berobat ke rumah sakit. 

BACA JUGA:Peduli Lingkungan, DPD REI Kompak Sukseskan Program Penanaman Sejuta Pohon di Kawasan Kota Baru

BACA JUGA:Panas Terik Landa Mesuji, Begini Larangan BPBD

Disisi lain, pekerja sosial ahli muda dari Sentra Wyata Guna Bandung, Lulu Ridwan Wibawa bersama tim melakukan pendampingan kasus tersebut.

"Saya bersama tim kunjungi Rafi sampai bisa mendapatkan pengobatan yang layak," katanya, Senin 29 Juli 2024.

Selain Rafi, ia menyebutkan, pihak sentra Wyata Guna Bandung juga berikan bantuan alat bantu dengar kepada seorang lansia.

Kategori :