Percepat Penurunan Stunting dan Tingkatkan Layanan KBKR, Pemkab Tanggamus Lampung Kolaborasi dengan Para Pihak

Minggu 04-08-2024,19:00 WIB
Reporter : Edi Herliansyah
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus berupaya melakukan percepatan penurunan stunting dan Peningkatan Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB/KR) di kabupaten tersebut.

Terkait hal tersebut Sabtu 03 Agustus 2024 Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA Dalduk dan KB) Kabupaten Tanggamus melakukan kolaborasi kegiatan Bersama BKKBN Lampung, TP PKK Tanggamus, Dinas Kesehatan, Dinas PMD dan UKM Mahkamah FH Unila.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pekon Sawang Balak Pulau Tabuan kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus tersebut dihadiri  Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Lampung dr.Nurizky Permanajati, Ketua TP PKK Tanggamus drg, Hellen Veranica Mulyadi.

Kemudian, Ketua DWP Kabupaten Tanggamus Lindika Suaidi, Kepala Dinas PPPA Dalduk dan KB Aan Derajat, Kepala Dinas Kesehatan,Kepala Dinas PMD, Perwakilan FH Unila, serta Uspika Kecamatan Cukuh Balak.

BACA JUGA:Buron sejak 2023, Pencuri Kabel Listrik PLN Akhirnya Ditangkap

BACA JUGA:Alami Penyusutan Getah Karet, Petani di Mesuji Sebut Karena Cuaca Panas

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Pemberian Makanan Tambahan untuk anak sekolah sebagai kolaborasi kegiatan PKK Kabupaten Tanggamus dan Mahkamah Mengabdi FH Unila.

Dilanjutkan dengan Penyuluhan dan Penggerakan Masyarakat tentang Jenis Jenis Kontrasepsi, Manfaat Kekurangan dan Kelebihan dari Jenis jenis Kontrasepsi Serta Mitos mitos Tentang Kontrasepsi.

Sanjutnya, Mekanisme Pelayanan KB di Kabupaten dan Peran Kader KB, Kader PKK,Kader Posyandu dalam mendukung pelayanan KBKR, Peran Perangkat Kecamatan dan Perangkat Desa Dalam Mensukseskan Program KB dan Peran TNI/POLRI dalam mendukung Program Bangga Kencana & Percepatan Penurunan Stunting di wilayah khusus.

Para narasumber dalam kegiatan itu dari IBI,Dinas PPPA Dalduk dan KB, PKK Kabupaten  dan TNI.

BACA JUGA:Pj. Gubernur Samsudin Dukung Penuh Wacana Lampung-Banten Tuan Rumah PON XXIII

BACA JUGA:Spesialis Maling Kabel Tower di Tulang Bawang Akhirnya Ditangkap Polisi, Begini Modusnya

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan Kesehatan dan pelayanan KB MKJP untuk Masyarakat.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan diwakili Kepala Dinas PPPA Dalduk dan KB Tanggamus, Aan Derajat saat membuka kegiatan menyampaikan, perlunya peran aktif dari seluruh pihak, baik OPD,APDESI,TPPS,PKK dan Stake holder lainnya agar dapat lebih optimal dalam pendampingan, pembelajaran dan sosialisasi kepada seluruh keluarga diwilayah masing-masing terutama Pasangan Usia Subur.

"Ini dalam rangka Pembentukan Keluarga yang berkualitas dan Upaya untuk menurunkan angka Stunting di Kabupaten Tanggamus," tuturnya.

Kategori :