Target Tahun 2025, 10 Laboratorium Unila Siap Layani Publik Melalui Marketplace

Jumat 16-08-2024,18:44 WIB
Reporter : Anggi Rhaisa
Editor : Anggri Sastriadi

BACA JUGA:Tim Pengabdian Unila Ciptakan Sistem Rantai Pasok Industri Pakan Ternak Digital Berbasis IoT

BACA JUGA:Tim Pengabdian Unila Kembangkan Usaha Ternak Terintegrasi Bersama Wirausaha di Lampung Tengah

Di Fakultas Pertanian ada skema Fasilitator Budidaya Pertanian diikuti 20 dosen, dan pengelolaan pertanian organik juga diikuti 20 dosen. Di FKIP Unila terdapat skema TOT Instruktur Teknologi Level 4 diikuti 35 dosen.

"Saat ini sedang berlangsung ujian di Fakultas Kedokteran untuk Auditor Halal, ada dua puluh dosen yang ikut, dan sepuluh diantaranya dari Fakultas MIPA,"jelas Prof Mahrina.

Di Fakultas Teknik juga sedang berlangsung ujian Auditor Energi Bangunan, Pelatihan K3 Lingkungan Kerja.

BACA JUGA:Mahasiswa FMIPA Unila Jalani Program Student Mobility Selama Sepekan di UM Malaysia

BACA JUGA:FMIPA Unila Tambah Dua Doktor Baru

Di FMIPA terdapat skema sertifikasi kompetensi Data Analis diikuti 20 dosen, dan Sistem Analis diikuti oleh 21 dosen, dan Teknis Instrumentasi diikuti 13 orang.

Kemudian di Fakultas Hukum terdapat skema Auditor Hukum yang diikuti oleh 20 dosen, dan Kontrak Hukum juga diikuti oleh 20 orang. Di FISIP terdapat skema sertifikasi kompetensi Manajer Sumber Daya Manusia, dan skema Analis Kebijakan Publik.

“Total itu 473 dosen dan laboran yang kita tingkatkan kinerja mereka dengan memiliki kompetensi bersertifikat BNSP, itu diakui secara nasional dan mereka bisa memberikan layanan baik untuk pengembangan ilmu bagi civitas akademika kita, maupun nanti kepada publik atau user yang membutuhkan layanan tersebut,” katanya.

BACA JUGA:Tim MBKM Jurusan Kimia FMIPA Unila Teliti Pengembangan Katalis Padat

BACA JUGA:Dosen Kimia FMIPA Unila Ciptakan Inovasi Baru Bagi Petani Nelayan Rumput Laut di Desa Legundi Lampung Selatan

Selain meningkatkan kompetensi laboran, teknisi, dan dosen, sebanyak 128 laboratorium yang ada di Unila juga ditargetkan untuk terakreditasi ISO/IEC 17025:2017.

Menurutnya, saat ini baru tiga laboratorium Unila yang terakreditasi ISO/IEC 17025:2017, yaitu Laboratorium Terpadu dan Sentra Inovasi Teknologi, Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian, dan satu laboratorium di Fakultas Teknik.

“Insyallah Unila sudah mencoba memasuki ke arah PTNBH, memang misi revitalisasi PRPTN ini harapannya BLU menjadi PTNBH bisa terlaksana," tutupnya.

Kategori :