Pj. Gubernur Samsudin Apresiasi Busana Adat Lampung Jadi Salah Satu Terbaik Dalam Peringatan HUT RI Ke-79

Minggu 18-08-2024,17:07 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu 17 Agustus 2024 menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Lampung. 

Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di IKN menjadi momen bersejarah dengan terpilihnya baju adat Lampung sebagai salah satu dari tujuh pemenang busana adat terbaik. 

Dilansir dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, diketahui bahwa proses penilaian busana dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Sekretariat Presiden. 

Penilaian dilakukan berdasarkan elemen tradisional pakaian yang diadaptasi dengan cara yang segar dan relevan serta sesuai dengan tren kontemporer yang mempertimbangkan bahan tradisional dan modern secara efektif.

BACA JUGA:Kabar Terbaru Pilkada Tulang Bawang, PKB Resmi Usung Qudrotul Ikhwan - Hamka Hasan

BACA JUGA:Buron Sebulan, Pencuri Truk di Parkiran SPBU Tulang Bawang Akhirnya Ditangkap, Ternyata Pelakunya..

Pemenang gelar busana adat terbaik itu diraih tamu undangan atas nama Dona Chandra Ginting, Muaipah Yuliana, Abi Manyu Arlindiato, Lilis Suriani, Edi Sofyan, Uswatun Hasanah, dan Lanyala Mataliti.

Di antara ketujuh pemenang tersebut adalah Abi Manyu Arlindiato dan drg. Uswatun Hasanah yang mengenakan baju adat asal Lampung. Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Lampung.

Uswatun mengaku memilih pakaian adat tersebut karena terinspirasi dari pakaian adat Presiden Joko Widodo pada perhelatan HUT Ke-77 RI yang juga mengenakan pakaian adat Lampung.

Terkait hal tersebut, Pj. Gubernur Lampung Samsudin menyampaikan apresiasi atas terpilihnya busana adat Lampung menjadi busana adat terbaik saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-79 RI di IKN. 

BACA JUGA:Segera Dibuka, Ini Rincian Formasi CPNS Kejaksaan 2024

BACA JUGA:Siap-Siap! Pemkab Mesuji Akan Umumkan Formasi CPNS

Samsudin juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada peserta kontes busana adat yang telah menggunakan busana adat Lampung, sehingga menjadi busana adat terbaik.

Kata Samsudin, busana adat Lampung bukan hanya sebuah pakaian, melainkan simbol identitas dan kebanggaan masyarakat Lampung.

"Saya sangat bangga melihat busana adat Lampung mendapat penghargaan sebagai yang terbaik. Mari kita lebih mencintai dan bangga mengenakan busana adat Lampung," ujar Samsudin.

Kategori :